Tuesday, October 22, 2019
Home > Politik > Dukungan PPP Lepas, Gerindra Jomblo Lagi

Dukungan PPP Lepas, Gerindra Jomblo Lagi

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) Gerindra dengan capresnya Prabowo Subianto kini jomblo lagi dan harus start ulang untuk mengajak PPP berkoalisi setelah  dukungan dari PPP dianulir, lewat fatwa Ketua Majelis Syariah KH Makmun Zubair .

Gerindra kini  kembali ke titik nol.  Ketua Majelis Syariah PPP Maimun Zubair (Mbah Mun) yang menganulir keputusan Ketum PPP Suryadharma Ali. Lewat fatwanya, Mbah Mun menganulir semua keputusan Suryadharma, termasuk soal dukungan kepada Prabowo.

“PPP juga belum menentukan calon presiden dan calon wakil presiden. Penentuan capres dan cawapres juga harus ditetapkan melalui Rapimnas sebagaimana amanat Mukernas II di Bandung, tanggal 7 – 9 Februari 2014,” demikian fatwa Mbah Mun yang dibacakan anaknya di DPP PPP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/4) . Mukernas digelar di Bogor 23/4/2014

Lepasnya dukungan PPP membuat ‘boarding pass’ pencapresan melayang menjauh dari Prabowo. Dengan sokongan partai yang memiliki tagline rumah besar umat Islam itu, gabungan Gerindra dan PPP, sesuai hasil quick count Cyrus-CSIS, memiliki perolehan suara 18,5%.

Jumlah itu masih belum mencukup sehingga Gerindra harus  menggaet satu partai lagi yang memiliki suara minimal 6,5% untuk mendapatkan ‘boarding pass’ menuju Pilpres 2014. Kini, dengan lepasnya PPP beban masih cukup berat . Mencari dukungan dua partai bukanlah hal yang mudah.
Apalagi Plt Ketum PPP Emron Pangkapi secara gamblang pernah menyatakan dukungan ke Jokowi. Dia mengklaim Sekjen PPP Romahurmuziy merupakan pendukung pencapresan Jokowi.

“Penetapan usulan Jokowi sebagai capres sebenarnya lebih awal daripada PDIP. Waktu itu disampaikan partai oleh Sekjen PPP bapak Romahurmuzy ke Pak Jokowi,” kata Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi kepada wartawan di Kantor DPP PPP.
Namun ternyata Gerindra belum patah arang. Angin harapan tetap diembuskan. Partai berlambang kepala burung Garuda itu masih yakin PPP tak akan berpaling dari Prabowo.

“Saya tentu optimis saja. Kita tidak mau berandai-andai (PPP akan beralih ke capres lain-red). Kami yakin optimis,” ujar Waketum Gerindra Fadli Zon kepada detikcom, Selasa (22/4) malam.  (AL)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru