Wednesday, May 29, 2024
Home > Berita > Ketua Umum PWI: Baca  puisi di Pantai Ancol menjadi pewarna HPN 2024

Ketua Umum PWI: Baca  puisi di Pantai Ancol menjadi pewarna HPN 2024

Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun. (mr)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Di sela padatnya acara yang dihelat dalam memperingati hari pers nasional (HPN) 2024, terdapat acara baca puisi yang dibawakan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun diikuti pengurus lain serta para ketua Pengprov PWI dari berbagai daerah yang diadakan malam hari di Pantai Ancol, Minggu 18 Februari 2024.

Acara baca puisi itu dijadwalkan berlangsung di selasar  Candi Bentar , Putri Duyung Ancol, pukul 19.30 – 21.00 WIB.

“Kegiatan baca puisi ini amat bagus, menjadi pewarna HPN 2024 yang fokus pada bidang jurnalistik,” kata Ketua Umum PWI Hendry Ch Bangun, yang hobi menulis puisi,

Hendry menguraikan, Kamis, dalam membaca puisi, umumnya membuat peserta perpikir keras agar cara berekspresinya di panggung sesuai isi puisi dan enak dinikmati.

“Intonasi, gaya, ekspresi wajah, bagi yang biasa mungkin mudah tetapi bagi pembaca awam ini bukan perkara biasa. Saya berharap teman-teman berani ikut serta agar acara itu meriah,” tutur Hendry, jebolan Fakultas Sastra UI 1982 dan sudah menerbitkan beberapa buku puisi.

Sastra berupa puisi dan cerita pendek, bukan merupakan hal asing bagi anggota PWI seluruh Indonesia, karena dalam setiap HPN selalu menerbitkan antologi puisi dan cerpen karya wartawan dari berbagai daerah.

Pada HPN 2024 diadakan juga lomba baca puisi audio-visual dan para pemenangnya adalah, juara umum pertama Adnan Guntur (Surabaya), disusul Sri Ayu Pradnya Larasari (Denpasar) juara kedua dan Sihar Ramses Simatupang (Jakarta) sebagai juara ketiga.

Sedangkan juara harapan pertama SMA N 1   Samarinda dan harapan kedua Bambang Karyawan Ys (Riau). Para pemenang tersebut mendapat hadiah berupa uang dan pemenang pertama direncanakan hadir dalam pembacaan puisi malam hari di Ancol, Jakarta.

Ketua Panitia Anugerah PWI dan Lomba Puisi Audiovisual HPN 2024, Dheni Kurnia, menambahkan, dalam acara baca puisi wartawan 18 Februari 2024 di Ancol itu,  akan dimeriahkan juga dengan pembacaan puisi penyair kondang Sutardji Calzoumm Bachri.

“Semoga Bang Tarji tidak berhalangan datang ke Ancol untuk memeriahkan acara wartawan sekali dalam setahun itu,” kata Dheni.

Dheni menambahkan, sekarang banyak wartawan yang menulis puisi bahkan sebagian sudah jadi penyair. “Makanya saya berharap akan banyak yang datang untuk membacakan puisi di Ancol,” katanya.

Salah seorang koordinator acara baca puisi, Benny Benke, menjelaskan, para pembaca puisi bebas membawakan puisi karya siapa saja. “Yang penting bernuansa membangkitkan semangat kerja dan semangaat kebangsaan bagi kita semua,” ujarnya.

Hari lahir PWI ke-78 pada 9 Februari diperingati Jumat di kantor PWI Pusat dengan  acara potong tumpeng dan doa, sementara acara puncak HPN diadakan di Ancol Jakarta pada 20 Februari 2024 dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden Jokowi.

Berbagai acara diadakan dalam memeriahkan HPN 2024, di antaranya gelarani seminar, bakti sosial, rakernas, penanaman managrove, pembagian 1000 bibit pohon untuk masyarakat, konferensi kerja nasional, dan beragam kegiatan lainnya.  (ril / him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru