Tuesday, December 06, 2022
Home > Berita > Sandiaga Uno: Pariaman memiliki potensi wisata yang kaya

Sandiaga Uno: Pariaman memiliki potensi wisata yang kaya

Menparekraf/ Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, saat berbicara dalam Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, di Balai Wali Kota Pariaman, Sumbar, Selasa (5/7. (Foto: Kemenparekraf.go.id)

Mimbar-Rakyat.com (Pariaman) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat, untuk mengembangkan potensi pada subsektor seni pertunjukan, kriya, fesyen, dan kuliner sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Dalam Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Balai Wali Kota Pariaman, Selasa (5/7), Menparekraf Sandiaga mengatakan, Pariaman memiliki potensi wisata yang kaya, sehingga perlu ditunjang dengan ekosistem ekonomi kreatif yang kuat. “(Pariaman) Pariwisatanya sudah maju tapi ekonomi kreatifnya harus juga mendukung,” kata Sandiaga, seperti dikutip dari siaran pers Kemeparekraf.

Sandiaga menjelaskan dari subsektor seni pertunjukan, Pariaman memiliki Pariaman Culture Every Week, di mana para penonton dapat melihat pertunjukan kesenian Minang di setiap pekannya. Sementara, subsektor kuliner di Kota Pariaman sangatlah beragam dan didominasi oleh olahan ikan dan karupuak baguak atau emping melinjo.

Keberagaman ini merupakan potensi yang sangat besar dan menjanjikan dalam upaya meningkatkan perekonomian Kota Pariaman melalui keberagaman subsektor ekonomi kreatif unggulan yang dimiliki Kota Pariaman, yaitu subsektor seni pertunjukan, kriya (karya seni), kuliner, dan fesyen.

Dengan menguatnya ekosistem ekonomi kreatif di Pariaman, kata Sandiaga, maka kesempatan untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di kota tersebut akan semakin terbuka lebar.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa alat musik bagi pelaku seni pertunjukan yang hadir dalam workshop ini. “Harapannya penyerahan bantuan ini bisa tersalur tepat kepada mereka yang akan menjadi ujung tombak penciptaan 1,1 juta lapangan keria baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” katanya

Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol Krisnandi; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, Luhur Budianda, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora; dan Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru