Friday, June 14, 2024
Home > Berita > Termasuk Jakarta, Hujan Lebat Diprediksi Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Termasuk Jakarta, Hujan Lebat Diprediksi Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia

ilustrasi

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Hujan lebat diperkirakan bakal mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia seiring dengan adanya siklon tropis Saola yang bergerak di perairan timur Filipina. Hal itu diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut Prakirawan BMKG Idhan Abubakar, siklon itu memiliki kecepatan angin maksimum sebesar 85 knot atau setara 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimum sebesar 955 milibar yang bergerak ke arah selatan.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, peningkatan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis tersebut,” kata Idhan dalam pernyataan di Jakarta, Minggu, 27 Agustus 2023.
Dia menjelaskan, siklon tropis Saola memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 sampai 2,5 meter dan hujan lebat.

Daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari wilayah barat Samudera Hindia di Sumatera Barat hingga Aceh, laut China Selatan, dari Kalimantan Barat hingga perairan utara Kalimantan, dari Selat Makassar hingga Laut Sulawesi, Laut Maluku, dan Papua bagian tengah.

Idhan menuturkan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sepanjang daerah konvergensi. Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Juga terjadi di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat Peningkatan kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat hingga selatan Nusa Tenggara Timur, dari Teluk Karpentaria hingga Laut Flores, dari Laut Arafuru hingga Laut Maluku.

Kemudian, Laut Aru hingga Laut Seram, dari Laut Halmahera hingga Laut Filipina, dari Teluk Thailand hingga Laut China Selatan, dan Filipina bagian selatan yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.

“Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir atau kilat juga angin kencang terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” kata Idhan.(ds/sumber Antaranews.com/Vivanews.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru