Sunday, June 16, 2024
Home > Nasional > Terkait Kabinet, Presiden Akan Terima Pimpinan DPR

Terkait Kabinet, Presiden Akan Terima Pimpinan DPR

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dijadwalkan akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (26/10), di Istana Kepresidenen. DPR akan menyerahkan pertimbangan terkait perubahan nomenklatur kabinet Jokowi-Jusuf Kalla.

Rencana pertemuan itu dibenarkan mantan Deputi Tim Transisi Jokowi-Jusuf Kalla, Andi Widjajanto. Dikatakan,   Ketua DPR Setya Novanto yang akan didampingi beberapa wakilnya, dijadwalkan menyerahkan pertimbangan tersebut.

Namun dari DPR, Sabtu (25/10) diperoleh kabar, DPR masih mematangkan  nomenklatur kementerian yang diubah dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Itu karena ada keharusan penyesauaian akibat perubahan nomenklaturi karena berakibat  terjadi benturan pembidangan kerja komisi di DPR.

Dikabaran masih ada dua kementerian yang masih dibahas, yakni  kementerian kehutanan dan lingkungan hidup yang tadinya terpisah digabung menjadi satu, serta kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang sebelumnya terpisah, juga digabung.

Akibat penggabungan itu membuat pembidangan di DPR menjadi harus disesuaikan. Semula kementerian kehutanan bermitra kerja dengan komisi empat yang membidangi kehutanan dan pertanian, dan  lingkungan hidup lebih difokuskan sebagai dampak dari pekerjaan eksplorasi tambang dan mineral berada di bawah  komisi tujuh.

Dalam petemuan Minggu (26/10) Presiden Jokowi juga akan meminta penjelasan secara langsung dari pimpinan DPR soal perubahan nomenklatur tersebut. Diharapkan semuanya telah matang, hingga Minggu (26/10) itu pula Jokowi telah dapat mengumumkan susuanan kabinetnya.***Eank

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru