Friday, April 19, 2024
Home > Cerita > Cerita Khas > Sean Gelael ke medan laga 2024 dengan semangat menyala,  Catatan A.R. Loebis 

Sean Gelael ke medan laga 2024 dengan semangat menyala,  Catatan A.R. Loebis 

Sean Gelael mengenakan baju balap baru untuk kompetisi 2024. (jagonya ayam)

Dimana Sean Gelael berlaga pada musim kompetisi 2024?

Sebelum ada pengumuman resmi, para pendukungnya bertanya-tanya, karena ia berlaga di Asian Le Mans Sepang (Desember 23), Dubai 24 (Januari) dan ALMS Dubai (Februari) .

“Apakah sepanjang musim 2024 Sean masih berlaga di fia wec, atau di lomba ketahanan Timur Tengah dan di ALMS?” demikian dipertanyakan para penggemarnya,

Terlebih Sean pada penghujung 2023 dan awal 2024 turun dengan tim dan teman balap bebeda-beda. Di Sepang ia turun bersama tim Project 1, di Dubai 24 Jam bersama tim Century Motorsport dan di ALMS Dubai bersama Sainteloc Racing.

Ketika tim WRT mengumumkan resmi Sebagian nama para pebalap mereka, belum ada tercantum nama Sean Gelael sementara rekannya Valentino Rossi sudah dipastikan mendukung WRT di kelas GT3.

Pendukung Sean semakin resah dan mempertanyakannya di beberapa media sosial Sean sedangkan ayahanda Sean, Ricardo Gelael, ketika itu berujar, “Belum pasti Sean turun atau tidak..masih terus dalam proses.” Sementara Sean pun dalam medsosnya berujar,”Belum tahu balapan dimana 2024..”

Penantian dalam situasi ketidakpastian itu akhirnya sirna ketika muncul berita gembira pada minggu pertama Februari 2024, saat tim WRT mengumumkan seluruh anggota tim mereka dan nama Sean tercantum di dalamnya.

Para pendukung menarik nafas lega, karena Sean Gelael dan Valentino Rossi resmi menjadi bagian dari Team WRT 2024 kendati mereka akan memakai mobil berbeda.

Sean menggeber nomor 31, sementara Rossi seperti biasa bakal memakai nomor 46. Walau begitu, jenis mobil yang dipakai sama, BMW M4 GT3. Sean dan Rossi sebelumnya pernah menjadi rekan setim saat berlaga di 24H Dubai 2023 dan meraih hasil bagus, P3.

Bagi Sean, ini adalah tahun ketiga beruntun bernaung di tim asal Belgia tersebut. Pada 2022, dia menjadi runner-up dunia kelas LMP2 berbekal tiga kemenangan sementara musim lalu di kelas sama berakhir di posisi empat klasemen tim. Pada 2021 ia runner-up bersama tim JOTA.

Hasil itu merupakan pencapaian tertinggi bagi seorang pebalap Indonesia di ajang yang diakui FIA. Sementara  bagi Rossi yang sebentar lagi menginjak usia 45, ini adalah tahun pertamanya tampil semusim penuh di FIA WEC, kendati sudah beberapa tahun ikut laga GT3 Eropa.

Rekan satu tim Sean di mobil nomor 31 dalam laga FIA WE 2024 adalah Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung (Inggris). Leung bersama Sean memenangi 24H Dubai kelas GT3 AM Januari 2024. Sedangkan Rossi didampingi Maxime Martin (Belgia) dan Ahmad Al Harthy (Oman).

Semakin pasti

Eksistensi Sean bersama Rossi dan WRT semakin kuat dengan tampilnya Pertamax Turbo, yang  nimbrung menggandeng mereka dalam kejuaraan FIA WEC 2024.

Ini merupakan langkah besar bagi Pertamax Turbo, yang berusaha menancapkan produk mereka di persaingan global, kendati sebelumnya telah mendukung talenta otomotif kebanggaan Indonesia, Sean Gelael sejak 2016 di kancah lomba GP2, hingga kiprahnya sampai 2023.

Sementara itu Rossi — yang pernah bekerja sama dengan Sean di Team WRT 46 saat meraih podium 24H Dubai 2023, bakal ditemani oleh Maxime Martin (Belgia) dan Ahmad Al-Harthy (Oman).

Sean Gelael di Dooha, Qatar. (igsean)

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan dukungan Pertamina Patra Niaga menggandeng Sean Gelael dan Valentino Rossi sebagai Brand Ambassador Pertamax Turbo adalah upaya mendorong dan memperkenalkan Pertamax Turbo sebagai bahan bakar kelas dunia.

“Kami sangat bangga Pertamax Turbo akan digaungkan Sean Gelael, talenta otomotif Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah balap internasional, serta Valentino Rossi, legenda balap yang dikenal berbagai generasi. Harapannya, baik Sean dan Vale bisa meraih podium pada musim ini,” kata Riva ketika mengumumkan dukungan mereka kepada Sean, Rossi dan WRT, medio Februari lalu.

Balapan Dimana?

Nah, dimana saja Sean Gelael akan membalap pada musim 2024 ini? Para pendukung dan penggemar balapan dunia ketahanan pasti tidak sabar menantikannya.

BMW M4 nomor 31 yang akan dikeber Sean dan rekan setimnya. (igsean)

Kejuaraan dunia FIA WEC 2024 akan berlangsung dalam delapan putaran di lima kawasan benua berbeda (Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Timur Tengah).

Laga akan berlangsung di dua tempat baru pada 2024, di Lusail dan Imola, selebihnya ada tiga tempat lama kini diadakan lagi, di Interlagos dan COTA.

Empat sirkuit lainnya merupakan sirkuit langganan yang sudah digunakan untuk laga FIA WEC bertahun-tahun, yaitu di Le Mans, Spa-Francorchamps, Bahrain dan Fuji.

Doha, Qatar, akan menjadi tuan rumah sesi Prolog WEC (testing pra-musim) dan juga untuk tempat putaran pertama pada awal Maret di Sirkuit Internasional Lusail.

Sirkuit di Catar sepanjang 1812km itu dipilih setelah Hari Nasional negara itu dan laga akan berlangsung tidak lebih dari 10 jam, seperti dilansir fiawec.com. Beberapa tim akan melakukan tes di tempat itu akhir Februari bersama Goodyear.

Kejuaraan ketahanan mobil itu kemudian beralih ke tempat baru, setelah Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari (Imola) menggantikan Autodromo Nazionale Monza, dan waktu penyelenggaraan berubah dari Juli ke April. Ini merupakan pertama kalinya WEC dilangsungkan di Imola.

Sircuit de Spa-Francorchamps, menandatangani perpanjangan kontrak tuan rumah selama lima tahun dengan WEC dan sebagai tuan rumah ketiga sebelum lomba pindah ke Prancis pada laga akbar tahun ini: Laga legenda Le Mans 24 Jam (15 – 16 Juni).

Setelah ada nota kesepahaman dengan pihak Dewan Kota Sao Paulo, kejuaraan WEC kembali berlangsung di Braazil untuk pertama kalinya sejak 2014 dengan tajuk 6 Hours of São Paulo di Interlagos Circuit pada medio uli.

Laga WEC kemudian beralih ke Austin, Texas, sebagai putaran keeam 2024 dan lomba di di Lone Star Le Mans di Amerika itu terakhir diadakan pada 2020.

Fuji International Speedway merupakan jelang akhir perlombaan di tempat paling popular di Jepang itu pada pertengahan September. Kemudian akhir laga berlangsung di Bahrain International Circuit, awal November.

Sean bersama teman setim. (jagonya ayam)

Sean Gelael ketika bertemu dengan penggemar dan media saat peluncuran dukungan Pertamax Turbo di Atrium Citos dan ketika hadir di booth Pertamina di IIMS Kemayoran, Februari, mengatakan akan berusaha keras untuk meningkatkan penampilan dalam kompetisi 2024.

Inilah tekad Sean untuk penampilan 2024.

“Ini tahun ketiga saya bersama Team WRT dan merupakan kehormatan bisa bergabung bersama mereka dan juga keluarga besar BMW. Setelah dua kali menjadi nomor dua di kelas LMP2, saya naik kelas dan ingin menjadi nomor satu dan menang di Le Mans. Tak ada tim dan rekan yang lebih baik untuk meraih impian itu selain mereka,” tutur Sean, dengan tekad kuat menyala.

Ini merupakan usaha, tekad dan tujuan Sean Gelael dan selayaknya diiringi doa dari pendukung dan masyarakat Indonesia, karena usaha dan doa ini untuk dan demi keharuman nama bangsa dan negara.

Selamat berlomba Sean dengan semangat terus menyala! (***)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru