Sunday, June 16, 2024
Home > Berita > Rumput JIS yang Tak Sesuai Standar FIFA Dirawat di Tempat Pembibitan Jakpro, Jelang Piala Dunia U-17

Rumput JIS yang Tak Sesuai Standar FIFA Dirawat di Tempat Pembibitan Jakpro, Jelang Piala Dunia U-17

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah melakukan proses perawatan rumput Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara jelang Piala Dunia U-17. Ajang internasional itu bakal dihelat 10 November-2 Desember 2023.

Direktur Utama PT Jakpro, Iwan Takwin mengatakan proses perawatan rumput JIS memiliki beberapa tahapan. Antara lain, penggulungan rumput secara manual untuk menjaga keutuhan akar.

Iwan menyebut, rumput yang digulung, kemudian dipindahkan ke lokasi nursery atau pembibitan rumput. Perawatan rumput berlangsung di lokasi nursery atau tempat pembibitan yang disiapkan PT Jakpro.

“Proses penggantian rumput ini kedepannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, ada yang dua kali sehari atau tiga kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitaspertandingan dan penggunaan lapangan tersebut,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8/2023).

Lebih lanjut, Iwan menyatakan nantinya direncanakan ada lebih dari satu tempat pembibitan. Rumput yang tak sesuai standar, terkelupas atau rusak saat pertandingan bakal digulung untuk dirawat.

“Rumput harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu,” kata Iwan.

“Penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA,” sambung dia.

Untuk Pastikan Rumput Tumbuh dengan Baik

Iwan menuturkan, proses perawatan rumput di tempat pembibitan guna memastikan rumput tumbuh lebih baik dan sempurna. Menurut dia, rumput dapat mengalami stress karena intensitas pertandingan yang tinggi.

“Ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali,” ucap dia. (ds/sumber Liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru