Monday, December 06, 2021
Home > Berita > Bekasi Raya > Potensi Retribusi Besar, Personel UPTD Tera Terbatas

Potensi Retribusi Besar, Personel UPTD Tera Terbatas

Mimbar-Rakyat.com (Bekasi) – Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Bekasi optimis target realisasi penerimaan retribusi tera sebesar Rp 7,5 Milyar pada tahun ini akan tercapai.

” Di triwulan kedua pemasukan retribusi sudah mencapai Rp 4,1 Milyar. Jadi Insya Akan target tahun ini sebesar Rp 7,5 Milyar kami optimistis akan tercapai,” ujar Kepala Seksi Tera pada Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Bekasi, Surahman, kepada  M-R ( Selasa 05/10).

Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Bekasi, ujar Surahman, saat ini tengah melakukan kegiatan tera ke sejumlah pasar , utamanya melakukan uji tera terhadap timbangan yang biasa dipakai pedagang .

Kegiatan tera UTTP ( alat ukur , timbang, takar dan perlengkapannya tersebut, sebut Kepala Bidang Perdagangan, Mulyadi, bukan semata mengejar target retribusi, tetapi juga demi memberikan perlindungan kepada konsumen untuk mendapatkan takaran atau timbangan yang sesuai terhadap barang yang dibelinya.

Dikatakan Mulyadi, pengujian UTTP, adalah pengujian atau penelitan terhadap alat ukur untuk dibandingkan dengan standar sesuai dengan satuan ukur yang berlaku dan dilakukan oleh tenaga ahli atau berhak.

Sementara itu Mulyadi memprediksi potensi penerimaan retribusi dari uji tera di Kabupaten Bekasi sangat besar. Sayangnya masih terkendala pada jumlah tenaga penera yang masih terbatas .

“Saat ini kami hanya punya tenaga penera sebanyak tujuh orang dan dua penera yang masih berstatus CPNS. Masih jauh dari cukup,” ujar Mulyadi.

Pihak Dinas Perdagangan juga sudah minta ke Pemerintah Kabupaten untuk adanya kegiatan Diklat Tera dalam rangka merekrut tenaga-tenaga tera.

” Sayang banget..kita punya potensi retribusi tera yang lumayan besar, tetapi jumlah penera kita sangat terbatas,” tukas Mulyadi.

Apalagi, lanjut Mulyadi, Metode Pengukuran dan Pengujian terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman , di mana akan berpengaruh dengan kemajuan alat ukur yang dipergunakan di dalam dunia perdagangan maupun alat ukur yang dipergunakan sebagai standar pengukuran dan pengujian. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru