Sunday, February 28, 2021
Home > Berita > Longsor di Cipadung Rumah warga jebol di Cipasung

Longsor di Cipadung Rumah warga jebol di Cipasung

Kuwu Desa Cipasung Kecamatan Darma, Nanang Nuryadi S,Ag bersama Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, melakukan peninjauan pasca bencana longsor. (foto:BPBD Kuningan)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Tebing longsor di Blok Cipadung, Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jumat (22/01), selain menutup akses jalan raya nasional yang menghubungkan dua jalan Kabupaten, juga merusak rumah warga.

Rumah warga Desa Cipasung, Kecamatan Darma, ikut terdampak, sebuah rumah warga jebol, lima lainnya ikut terendam.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, bangunan yang jebol adalah bagian dapur, yang terjadi pada akhir pekan saat hujan deras.

“Jebolnya akibat hujan deras dan diterpa oleh matrial longsor, sedangkan rumah yang terendam itu karena aliran air atau drainase yang tidak normal,tapi itu sudah ditangani jadi sirkulasi airnya di lingkungannya lancar,”papar Indra, Senin (25/1/2021).

Menurutnya bencana alam, seringkali terjadi pada saat hujan, maka pihaknya mengingat agar warga Kuningan tetap berhati – hari terhadap bencana di musim penghujan.

Sementara itu Kepala Desa Cipasung, Nanang Nuryadi, S.Ag, mengatakan bencana longsor yang terjadi di Blok Cipadu, merupakan kedua kalinya. Sebelumnya pada tahun 2019, di lokasi yang sama juga terjadi longsor, dan kejadiannya lebih besar.

Untuk penanggulangannya pihaknya pun akan membuat saluran pembuang dari perumahan warga dengan pipa 12 inc, sepanjang 60 meter.

“Kemudian kami pun meminta Dinas PUPR untuk membuatkan drainase pembaginya dr saluran air cinangka sepanjang 130 meter,”pintanya untuk membantu mencegah bencana yang sama terulang.

Tak hanya itu, Pemdes Cipasung telah melakukan perbaikan, bagi rumah warga yang jebol oleh matrial longsor. “Atas kerjasama dan bantuan dari pihak lainnya, Alhamdullillah, yang terkena banjir yang baru bisa surut hari Sabtunya jam 9.00 pagi,” jelasnya.  (dien / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru