Sunday, February 25, 2024
Home > Berita > Lebih dari 20.000 Peserta Riyadh Marathon 2024

Lebih dari 20.000 Peserta Riyadh Marathon 2024

MaratonRyadh diikuti 20 ribu lebih peserta. (uea)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Lebih dari 20.000 peserta dari 125 negara, termasuk 60% warga negara Saudi, berpartisipasi dalam Riyadh Marathon ketiga pada 10 Februari – meningkat lebih dari 33%, diikuti oleh 15.000 pelari pada 2023.

Untuk pertama kalinya, garis awal dan garis akhir serta Desa Maraton berada di samping Kingdom Arena dan Boulevard World.

Dari sana, peserta dari segala usia dan kemampuan dapat mengikuti salah satu dari empat lomba – maraton penuh (42,2 km), setengah maraton (21,1 km), 10 km, dan 4 km untuk keluarga.

Keempat lomba ini dimeriahkan oleh lebih dari 20.000 peserta, dan jumlah pelari wanita jauh lebih banyak hingga lebih dari 7.200. Diikuti oleh 64% pelari pria dan 36% pelari wanita.

Tiga pelari maraton elit pria teratas adalah Kigen Wilfred Kirwa dari Kenya, Tilahun Abe Gashahun dari Ethiopia, dan El Ghouz Anouar dari Maroko, masing-masing mendapatkan hadiah AS$30.000, AS$20.000, dan AS$10.000.

Tiga pelari maraton elit wanita teratas menerima jumlah hadiah yang sama, yaitu Badane Bedatu Hirpa, Desta Nigist Muluneh, dan Jebesa Zenebu Fikadu, semuanya dari Ethiopia. Hadiah untuk pelari elit setengah maraton dimulai dari AS$5.000 bagi pemenang pertama.

Presiden SFA, HRH Prince Khaled bin Alwaleed bin Talal Al Saud mengatakan, “Sejalan dengan mandat inisiatif Visi Saudi 2030, acara semacam ini membangun masyarakat yang lebih sehat dan lebih bahagia. Dengan meningkatnya jumlah peserta manca negara, kami mengangkat profil Arab Saudi sebagai negara olahraga.”

Shaima Saleh Al-Husseini, Managing Director SFA mengatakan,” Jumlah pelari wanita sebanyak 36% ini membuktikan upaya bersama yang kami lakukan dalam memberdayakan kaum wanita melalui olahraga, dan membantu mewujudkan tujuan ambisius Visi Saudi 2030. Pencapaian penting ini menjanjikan masa depan yang lebih cerah dan lebih sehat.”

Acara ini diselenggarakan oleh Saudi Sports for All Federation (SFA) bekerja sama dengan Kementerian Olahraga, Saudi Arabian Olympic & Paralympic Committee, dan Saudi Arabian Athletic Federation.

Sementara sponsornya adalah oleh Saudi Awwal Bank dan para sponsor utama seperti ROSHN, PepsiCo, ASICS, Twauniya, Genesis, dan Al Arabiya, dengan total hadiah uang tunai sebesar AS$197.000 untuk pemenang. Sponsor lainnya adalah JPMorgan, Hisamitsu, Activia, L’Oréal, GSK, CALO, Kudu, Delta Sports, dan MDLBeast.  (an / him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru