Tuesday, April 13, 2021
Home > Berita > Ketua PWI Jabar: Jurnalis Berbeda Dengan Pegiat Medsos

Ketua PWI Jabar: Jurnalis Berbeda Dengan Pegiat Medsos

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat saat Penyerahan Pataka dan SK kepada Ketua PWI Kuningan, Nunung Khazanah. (dien)

Mimbar – Rakyat.com (Kuninga) – Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, mengingatkan sebagai insan pers mempunyai tugas berbeda dibanding pegiat medsos.

Perbedaan keduanya ada pada mempedomani Kode Etik Jurnalistik dan prinsip Elemen Jurnalisme. “Keduanya menjadi pembeda jurnalis dengan pegiat media sosial (medsos),” kata Hilman saat sambutan pelantikan pengurus PWI Kuningan periode 2020 – 2023, (25/2/2021) Sangkan Park, Bandorasa.

Menurutnya, seorang jurnalis dalam produk jurnalistiknya wajib mempunyai verifikasi informasi sebelum dipublikasi. “Tak hanya itu, seorang jurnalis yang profesional dituntut untuk independen, rutin untuk cek dan ricek, serta keberpihakan pada publik menjadi tanggung jawab yang harus diemban profesi jurnalis,” ungkapnya.

Hal itulah yang perlu diketahui oleh anggota PWI dan memahami kode etik jurnalistik. “Yang disebut profesionalisme wartawan yaitu harus memahami kode etik jurnalistik, bila ingin menjadi profesional sebaiknya menjadi sosial kontrol.  Wartawan tidak akan pernah bermartabat jadi wartawan bila fungsi sosial kontrolnya tidak dikedepankan,” ungkapnya.

Maka dari itu, salah satu tugas untuk PWI Kuningan, yakni harus mensosialisasi tentang perusahaan pers yang berbadan hukum. “Giring mereka menjadi wartawan yang hebat, berdedikasi tinggi dan profesional, juga ajak.perusahaan pers untuk berbadan hukum,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H Acep Purnama mendukung atas niatnya Ketua PWI Kuningan membawa PWI Kuningan menjadi PWI profesional, martabat, dan kolaboratif.

“Terimakasih untuk koreksi dan kritik dengan teman- teman adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan karena niatnya sama-sama untuk mengisi pembangunan, memajukan pembangunan, seper logam, mata uang yang tidak bisa dipisahkan,” jelas Bupati.

Ia menyatakan terimakasih kepada ketua PWI Jabar. “Sebab hari ini kita sedang melaksanakan amanah dan kepercayaan, dan untuk menjalankan jabatan itu kita semua harus berada di jalur yang benar dan itulah fungsi dan peran pers yaitu selalu mengingatkan kami ketika salah,” ujarnya.  (dien / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru