Thursday, January 21, 2021
Home > Berita > Jelang Jabatan Berakhir, Pimpinan KPK Minta Komisi III DPR Terus Mendukung

Jelang Jabatan Berakhir, Pimpinan KPK Minta Komisi III DPR Terus Mendukung

Empat pimpinan KPK periode 2015-2019 bakal purna tugas pada Desember 2019. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Empat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 bakal purnatugas pada Desember 2019 mendatang. Mereka memberikan kesan dan pesannya selama menjadi mitra Komisi III saat rapat dengar pendapat di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Pesan pertama disampaikan Ketua KPK Agus Rahardjo. Ia mengucapkan rasa terima kasih dan permohonan maaf baik atas nama pribadi maupun KPK selama bermitra dengan Komisi III.

Setelahnya Agus berpesan kepada pimpinan dan anggota Komisi III agar dapat mendukung terus KPK dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di tanah air.

“Mohon dimaafkan. Tapi pesan kami tetap, mohon bapak, ibu Komisi III tidak henti-hentinya, tidak lelah selalu mendukung pencegahan dan pemberantasan korupsi. Terima kasih,” ujar Agus, Rabu (27/11/2019).

Pesan senada kepada Komisi III untuk terus mendukung KPK juga disampaikan oleh pimpinan KPK Laode Muhammad Syarif dan Basaria Panjaitan. Keduanya meminta agar hal-hal baik yang dilakukan semasa kepemimpinan mereka dapat diteriskan oleh pimpinan KPK periode mendatang.

“Yang ketiga jika ada kebaikan pada periode kami, mudah-mudahan itu juga dapat dilanjutkan oleh penerus kami. Yang terakhir, tolong bapak-bapak menjaga KPK, terima kasih,” kata Laode.

Sementara Saut Sitomotang menyampaikan pesan berbeda. Saut mengatakan dengan selesainya ia bertugas menjadi pimpinan KPK pada Desember mendatang, maka dirinya bakal seperti dahulu kala semasa masih bekerja di Badan Intelijen Negara.

Menurutnya, tidak seperti saat menjadi pimpinan KPK yang harus menjaga diri untuk tidak sembarang melakukan komunikasi. Ia mengatakan bahwa nantinya ia bisa saja kembali menjadi intelijen di mana bisa lebih leluasa bertemu dengan orang lain semisal para anggota Komisi III.

“Yang perlu dimaklumi dari saya pribadi bahwa sampai tanggal 21 Desember nanti itu saya penegak hukum. Saya bukan intelijen, tapi nanti ditanggal 21 ke sana mungkin saya akan jadi intelejen,” kata Saut.

Terkait pesan yang disampaikan pimpinan KPK tersebut, Wakil Ketua Komisi III Desmond J. Mahesa mewakili anggota dan komisi juga menyampaikan pesan kepada empat pimpinan KPK yang bakal selesai bertugas tersebut.

Diketahui, Agus, Laode, Basaria, dan Saut bakal mengakhiri masa jabatan, terkecuali Alexander Marwata yang kembali menjadi pimpinan KPK periode mendatang.

“Kami Komisi III mohon dimaafkan ada hal-hal apalagi tadi kita merasa pimpinan KPK kesannya marah-marah mulu ya Pak Laode. Sebenarnya bisa iya bisa tidak juga begitu kan, iya, tidak. Untuk itu atas nama pimpinan dan anggota, saya mohon maaf lahir batin atas kejadian-kejadian yang tidak saling menyenangkan di antara kita,” ucap Desmond. (S/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru