Thursday, June 17, 2021
Home > Cerita > Ini 10 Manfaat Labu Siam Buat Kesehatan dan Cara Memasaknya

Ini 10 Manfaat Labu Siam Buat Kesehatan dan Cara Memasaknya

Labu Siam.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sayur yang kerap disajikan sebagai lalapan atau diolah menjadi berbagai jenis masakan ini ternyata kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan.

Tak heran, sayuran yang awalnya berasal dari Meksiko Tengah dan Amerika Latin ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, apa sajakah itu? Inilah sepuluh manfaat labu siam untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

1. Kaya akan nutrisi
Siapa sangka, labu siam ternyata memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti vitamin, mineral, dan serat. Satu buah labu siam (203 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:
• Kalori: 39.• Karbohidrat: 9 gram.• Protein: 2 gram.• Lemak: 0 gram.• Serat: 4 gram – 14% dari Reference Daily Intake (RDI).• Vitamin C: 26% dari RDI.• Vitamin B9 (Folat): 47% dari RDI.• Vitamin K: 10% dari RDI.• Vitamin B6: 8% dari RDI • Mangan: 19% dari RDI.• Cooper: 12% dari RDI.• Zinc: 10% dari RDI.• Kalium: 7% dari RDI.• Magnesium: 6% dari RDI.
Selain itu, labu siam juga tinggi akan folat, namun dengan kandungan kalori, lemak, natrium, dan karbohidrat yang terbilang rendah. Sehingga, sayur ini sangat cocok untuk sebagai asupan dalam program diet.

2. Mengandung antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres.

Kandungan antioksidan yang ada pada labu siam meliputi, quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Dari keempatnya, myricetin merupakan kandungan tertinggi yang ada pada labu siam. Penelitian menunjukkan jika myricetin mengandung antikanker, antidiabetes, dan sifat antiinflamasi yang kuat.

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka, labu siam ternyata juga bermanfaat untuk membantu menekan risiko penyebab penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan menjaga aliran darah.

Myricetin, salah satu antioksidan yang ada pada labu siam, ternyata terbukti ampuh menurunkan tingkat kolesterol. Tentu saja, dengan turunnya tingkat kolesterol pada tubuh, maka risiko penyakit jantung juga dapat ditekan.

4. Membantu mengontrol kadar gula darah

Tingginya kadar karbohidrat pada makanan tentunya juga akan berpengaruh pada kadar gula di dalamnya. Labu siam sendiri memiliki nilai karbohidrat yang rendah, sehingga kadar gula di dalamnya pun juga terbilang rendah.

Selain itu, kandungan pada labu siam juga berfungsi untuk mengatur kadar insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi dalam mengatur kadar gula dalam darah.

5. Baik untuk ibu hamil
Folat atau vitamin B9 yang ada pada labu siam tentunya sangat baik untuk para wanita yang berada di masa kehamilan. Selama awal masa kehamilan, folat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin. Selain itu, folat juga dapat berperan dalam mencegah terjadinya kelahiran prematur.

6. Membantu menekan resiko kanker
Senyawa yang terkandung pada labu siam ternyata juga dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukemia. Meski begitu, tentunya dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung hasil tersebut.

7. Memperlambat tanda-tanda penuaan
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dapat memperlambat proses penuaan. Salah satu penyebab penuaan sendiri yaitu karena kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas.

Labu siam memiliki kandungan antioksidan yang salah satunya adalah vitamin C. Vitamin ini memang diperlukan untuk memproduksi kolagen, salah satu protein utama untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit.

8. Menjaga fungsi hati

Manfaat labu siam lainnya yaitu untuk menjaga fungsi jaringan pada hati yang diakibatkan lemak berlebih. Ekstrak labu siam dinilai dapat membantu melindungi hati dari terjadinya penumpukan lemak. Terlalu banyak lemak di hati tentunya dapat memengaruhi kemampuannya fungsi hati itu sendiri.

9. Menjaga berat badan
Salah satu kandungan pada labu siam adalah serat. Kandungan ini berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan pada lambung, sehingga tubuh akan terasa kenyang lebih lama. Dengan terjaganya asupan makanan, maka kamu akan lebih mudah mengontrol dan menurunkan berat badan.

10. Dapat mendukung kesehatan pencernaan
Konsumsi buah-buahan dan sayuran seperti labu siam juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Flavonoid, salah satu senyawa yang terkandung pada labu siam berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan. Terlebih lagi, labu siam juga memiliki kandungan kaya akan serat.

Cara Memasak Labu Siam
Di Indonesia, labu siam memang kerap diolah menjadi hidangan, baik sayur maupun tumisan. Sebenarnya, labu siam juga bisa dimakan langsung sebagai lalap. Nah, berikut ini beberapa cara memasak labu siam.

Direbus
Di Indonesia, labu siam memang kerap disajikan sebagai lalapan. Namun, bagi kamu yang kurang suka memakannya secara mentah, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu. Labu siam rebus sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, lho.

Memasaknya menjadi sayur
Ada banyak varian sayur yang bisa kamu buat dari labu siam. Untuk kamu yang suka dengan rasa gurih santan, kamu bisa membuat sayur labu siam dengan tambahan santan.

Ditumis
Sedikit berbeda dengan memasak sayur, proses memasak dengan cara menumis tak membutuhkan air yang banyak. Nah, kamu juga bisa mengolah labu siam dengan cara menumisnya. (ds/dari berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru