Sunday, July 21, 2024
Home > Berita > Data dan Fakta Kejuaraan Rolex 6 Hours of São Paulo 

Data dan Fakta Kejuaraan Rolex 6 Hours of São Paulo 

Sao Paulo tuan rumah FIA WEC putaran kelima 2024. (fiawec)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Kejuaraan dunia ketahanan FIA WEC kembali digelar di Brazil akhir minggu ini, merupakan laga besar dengan tajuk kejuaraan Sao Paulo 6 Jam atau Rolex 6 Hours of São Paulo, pada 12-14 Juli 2024.

Ini untuk pertama kalinya laga itu berlangsung di Sao Paulo, sejak 10 tahun lalu menjadi tuan rumah lomba ketahanan di Autódromo José Carlos Pace di Interlagos.

Lomba ketahanan enam jam itu pertama kali diadakan di sirkut itu pada September 2012 dan Toyota juaranya, sedangkan Porsche menang pada 2014 dua tahun kemudian.

Dengan panjang lintasan hanya 4.309km, Interlagos merupakan trek terpendek lomba tahun ini dengan 15 tikungan ((5 ke kanan / 10 ke kiri). Kendaraan Hypercars mencapai kecepatan 305 km per jam dan sekitar 50 persen lintasan dilalui dengan “opened throttle”.  Selama melintasi tiap lap, mobil Hypercar bisa melakukan ganti transmisi sekitar 38 kali.

Sebanyak 19 mobil Hypercars dan 18 kendaraan kelas LMGT3 adu kecepatan dan kekuatan di lintasan Amerika Selatan itu, termasuk jagoan local Nicolas Costa mengendarai McLaren 720S LMGT3 Evo di tim United Autosports serta Augusto Farfus mengendarai BMW M4 LMGT3 untuk tim WRT.

Costa, yang lebih mengetahui karakter lintasan itu disbanding dengan pebalap lain, pada laga ERC, menjelaskan beberapa kunci yang harus diketahui untuk berlaga di Interlagis.

” Lintasan bergelombang menjadi tempat untuk melihat kekuatan kendaraan..ada lintasan panjang dan mendaki bukit sehingga power mobil amat dibutuhkan. Ada juga tikungan cepat dan pelan ketika menurun. Ini amat fraksi danjuga aero. Secara keseluruhan, ini merupakan lintasan susah untuk keseimbangan dan perlu setting yang benar, tanya,

Pada daftar peserta lomba, terlihat hanya sedikit perubahan.  Kendaraan No. 99 Proton Competition Porsche 963 ada nama Neel Jani dan Julien Andlauer, sedangkan pebalap ketiga biasanya Harry Tincknell tidak bisa tampil di Brazil karena akan membalap di seri IMSA untuk tim Kanada Tire Motorsport Park.

Sedangkan mobil No. 78 Akkodis ASP Team yang dikendarai pebalap Silver, Timur Boguslavskiy, digantikan pebalap Austria di Clemens Schmid. Pebalap DTM Schmid melakukan debut di Spa-Francorchamps  pada laga sebelumnya, Sedangkan Boguslavskiy tidak turun karena sedang sakit.

Mikee Conway kembali masuk kikpit mobil No. 7 Toyota Gazoo Racing GR010 Hybrid Hypercar sedangkan mantan rekan setimnya Jose Maria Lopez membalap untuk No. 87 Akkodis ASP yang membawa Lexus RC F di LMGT3. Lopez menggantikan Conway untuk Le Mans karena pebalap Inggris itu cedera ketika sedang naik sepeda.

emua mata penonton akan menyaksikan laga menegangkan dalam perburuan poin 2024 ini, karena celah klasemen terpaut hanya 12 poin di tiga tangga teratas tim pabrik Hypercars –  Porsche, Ferrari dan Toyota.

Dengan total poin 108, Porsche berada di tangga teratas tetapi ditempel ketat oleh Ferrari yang berada di bawahnya dengan simpanan 99 poin dan Toyota di urutan tiga dengan tabungan 96 poin.

Dengan sisa lebih dari 100 poin yang direbutkan pada laga berikutnya (termasuk tambahan poin untuk posisi pole), maka perburuan poin di WEC masih amat seru. Sisa lomba musim ini akan berlangsung di AS, Jepang dan Bahrain.

Di kelas Hypercar, ada empat pemenang berbeda, menunjukkan betapa ketatnya lag aini.  Di putaran pertama di Qatar, Porsche Penske Motorsport melalui mobil Porsche 963 yang unggul.  Kemenangann itu disusul Toyota Gazoo Racing bersama juara 2023 Toyota GR010 Hybrid Hypercar yang menang pada seri kedua di Imola.

Hertz Team JOTA dan pebalap perorangan Porsche 963 memenangkan pesertya Inggris di Spa-Francorchamps Mei.  Sedangkan Ferrari AF Corseyang menurunkan Ferrari 499P Hypercar sekali lagi menunjukkan bahwa mereka merupakan tim yang harus ditundukkan di  Le Mans 23 Jam.

Kelas LMGT3

Di kelas yang baru dilagakan pada 2024 ini, LMGT3, selisih angka malah lebih dekat, hanya dua poin, untuk tiga tim teratas.

Manthey PureRXcing dan Manthey EMA terpaut dengan angka sama di urutan atas sama-sama mengantongi 75 poin sedangkan juara putaran kedua Team WRT, menyimpan 73 poin.

Sean Gelael akan turun bersama tim WRT 31 di Sao Paulo pada akhir minggu ini. (jagonya ayam)

Di antara 18 pebalap LMGT3 yang berlaga, terdapat Sean Gelael, pebalap kondang Indonesia, yang turun dengan mobil BMW4 bersama rekannya Augusto Fergus dari Brazil dan Darren Leung dari Inggris,

Peserta wanita Iron Dames bersama krunya datang dengan penuh rasa peraya diri ke Brazil, setelah minggu lalu menang di laga ELMS di Imola. Trio pebalap itu berada di posisi pole di  atas Lamborghini Huracan LMGT3 Evo2 di Spa-Francorchamps, tapi masih belum beruntung untuk berada di urutan terdepan.

Perlombaan akan dimulai pada Jumat (12 Juli) untuk melakoni FP1 dan FP2, sedangkan babak penyisihan pada Sabtu dan laga dimulai pukul 11 waktu setempat pada 14 Juli.

Jadwal laga:

Jumat 12 Juli

10:45 – 12:15: Free Practice 1

15:15 – 16:45: Free Practice 2

Sabtu 13 Juli

10:30 – 11:30 Free Practice 3

14:30 – 15:40: Qualifying + Hyperpole

Minggu 14 Juli

11:30 – 17:30 Rolex 6 Hours of São Paulo.  (fiawec / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru