Tuesday, August 09, 2022
Home > Berita > Biden positif COVID lagi, kembali ke isolasi

Biden positif COVID lagi, kembali ke isolasi

Presiden AS Joe Biden berbicara di Taman Mawar Gedung Putih di Washington, DC pada 30 Juli 2022. (Foto: File AFP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Washington) – Joe Biden  dari hasil tes dinyatakan positif COVID-19 untuk kedua kalinya dan kembali ke isolasi. Demikian dokter Gedung Putihnya pada hari Sabtu (waktu setempat).

Biden “dites positif Sabtu malam, dengan pengujian antigen,” setelah empat hari berturut-turut tes negatif, dan “akan memulai kembali prosedur isolasi yang ketat,” tulis dokter kepresidenan Kevin O’Connor dalam sebuah memorandum.

“Ini sebenarnya menunjukkan kepositifan ‘pantulan’,” kata O’Connor, merujuk pada situasi di mana pasien yang diobati dengan obat Paxlovid – seperti Biden – membersihkan virus tetapi dites positif setelah menyelesaikan kursus mereka.

“Presiden tidak mengalami gejala yang muncul kembali dan terus merasa cukup baik. Karena itu, tidak ada alasan untuk memulai kembali pengobatan saat ini, ”tambahnya.

Dalam sebuah tweet, Biden tampak berusaha meminimalkan situasi.

“Teman-teman, hari ini saya dites positif COVID lagi. Ini terjadi pada sebagian kecil orang,” tulisnya. “Saya tidak memiliki gejala tetapi saya akan mengisolasi untuk keselamatan semua orang di sekitar saya. Saya masih bekerja, dan akan segera kembali.”

Sesuai dengan pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Biden akan masuk kembali ke isolasi setidaknya selama lima hari. Dia akan diisolasi di Gedung Putih sampai hasil tesnya negatif. Badan tersebut mengatakan sebagian besar kasus rebound tetap ringan dan penyakit parah selama periode itu belum dilaporkan.

Menurut laporan Arab News, mengutip AFP and Reuters, Biden juga telah dijadwalkan untuk mengunjungi rumahnya di Wilmington, Delaware, pada Minggu pagi, di mana ibu negara Jill Biden tinggal sementara presiden positif. Kedua perjalanan telah dibatalkan karena Biden telah kembali ke isolasi.

Tes positif kedua datang hanya tiga hari setelah O’Connor mengatakan Biden telah dites negatif dan tidak perlu lagi diisolasi, yang telah dia lakukan sejak menerima hasil positif pertama pada 21 Juli.

Biden sangat berhati-hati dalam mematuhi protokol COVID – berbeda dengan pendahulunya Donald Trump, yang terkadang mengejek mereka yang mengenakan masker.

“Presiden terus secara khusus berhati-hati untuk melindungi Kediaman Eksekutif, Gedung Putih, Dinas Rahasia, dan staf lain yang tugasnya membutuhkan kedekatan (walaupun jarak sosial) dengannya,” kata O’Connor.

Sebagai presiden AS tertua dalam sejarah—ia akan berusia 80 tahun pada November—kesehatan Biden terus mendapat perhatian.

Pada hari Rabu, dia telah mengakhiri isolasi COVID lima hari sebelumnya, tampak energik ketika dia memberi tahu para pembantu yang bersorak bahwa pemulihannya yang cepat harus menginspirasi orang Amerika untuk memanfaatkan vaksin dan perawatan gratis.

Dia membandingkan pemulihannya yang tampaknya cepat dengan serangan Trump yang lebih serius dengan penyakit pada Oktober 2020, sebelum vaksin tersedia.

“Ketika pendahulu saya terkena COVID, dia harus diangkut dengan helikopter ke Pusat Medis Walter Reed,” kata Biden. “Dia sakit parah. Syukurlah, dia pulih. Ketika saya terkena COVID, saya bekerja dari lantai atas Gedung Putih.”

Dia menambahkan bahwa dengan divaksinasi penuh, melakukan tes pencegahan, kemudian menggunakan terapi Paxlovid mencegah kematian dan tersedia tanpa biaya.

“Anda tidak perlu menjadi presiden untuk mendapatkan alat-alat ini,” katanya.

O’Connor telah memperingatkan setelah membersihkan Biden dari putaran pertama COVID presiden akan mengenakan masker selama 10 hari ketika berada di sekitar orang lain dan terus melakukan tes secara teratur jika terjadi “rebound.”

O’Connor mengatakan Biden secara umum dalam keadaan sehat. Dia telah divaksinasi lengkap dan menerima dua suntikan booster melawan virus corona.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru