Wednesday, October 21, 2020
Home > Berita > Manusia Tercepat Dunia Usain Bolt Positif Virus Corona

Manusia Tercepat Dunia Usain Bolt Positif Virus Corona

Bolt adalah satu-satunya pelari tercepat yang memenangi medali emas 100 m dan 200 m di tiga Olimpiade berturut-turut.(Foto File EPA, Al Jazeera)

Peraih medali olimpiade diisolasi di rumah di Jamaika beberapa hari setelah merayakan ulang tahun ke-34 dengan pesta besar tanpa masker.

Mimbar-Rakyat.com – Sprinter atau pelari tercepat pemegang rekor dunia dan peraih medali emas Olimpiade delapan kali, Usain Bolt, dinyatakan positif mengidap virus corona dan menjalani karantina sendiri di rumahnya, di Jamaika, seminggu setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-34 dengan pesta besar tanpa masker.

Kementerian kesehatan Jamaika mengkonfirmasi pada Senin (24/8) malam bahwa Bolt, yang memegang rekor dunia dalam lari jarak cepat 100 meter dan 200 meter, telah dites positif setelah dia memposting video di media sosial sekitar tengah hari mengatakan dia telah diuji dan menunggu hasilnya.

“Untuk amannya, saya mengkarantina diri sendiri dan santai saja,” kata Bolt dalam pesan bahwa dia tampaknya telah merekam dirinya sendiri saat berbaring di tempat tidur. Itu telah diposting dengan teks “Tetap aman ppl saya”. Demikian dikutip dari Al Jazeera.

Satu-satunya pelari cepat yang memenangkan medali emas 100 meter dan 200 meter di tiga Olimpiade berturut-turut (2008, 2012, dan 2016), Bolt,  mengatakan dia tidak memiliki gejala COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan virus korona baru.

Bolt mengatakan dia mengikuti tes pada hari Sabtu, sehari setelah dia merayakan ulang tahunnya di sebuah pesta di mana para pengunjung pesta menari mengikuti lagu, Lockdown, oleh penyanyi reggae Jamaika Koffee.

“Ulang tahun terbaik yang pernah ada,” Bolt, yang pensiun dari atletik pada 2017, menulis di Instagram, memposting foto dirinya menggendong putrinya, Olympia, yang lahir pada Mei.

Pendukungnya  berharap Bolt cepat sembuh melalui media sosial – “minumlah teh jahe Anda,” tulis seseorang – meskipun beberapa menuduhnya ceroboh.

Pengguna media sosial lain memposting video pesta ulang tahun Bolt, saat dia dikelilingi oleh puluhan orang tanpa masker yang menari di lapangan terbuka. Pengguna tersebut menulis, “Tidak ada jarak sosial, TANPA masker!”

Di antara mereka yang menghadiri pesta itu adalah bintang Manchester City dan pemain sepak bola tim nasional Inggris, Raheem Sterling, yang telah disarankan untuk mengisolasi diri setelah kemungkinan terpapar.

Kasus yang dikonfirmasi setiap hari di Jamaika telah melonjak menjadi lebih dari 60 per hari selama empat hari terakhir dari kurang dari 10 hanya beberapa minggu lalu. Jamaika sekarang memiliki 1.612 kasus yang dikonfirmasi, dengan 622 kasus aktif dan 16 kematian akibat virus corona.

Para pejabat menyalahkan orang-orang yang menolak memakai masker dan mempraktikkan jarak sosial.

Kenaikan kasus telah menimbulkan kekhawatiran tentang pemilihan nasional yang telah diserukan oleh Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness pada September, enam bulan lebih cepat dari jadwal.

Pihak berwenang juga menunda pembukaan kembali sekolah selama satu bulan dan warga dikenakan  jam malam nasional.***Sumber: Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru