Friday, February 26, 2021
Home > Berita > Alwi Shihab dianugerahi “Muhammad Abdo International Prize” di Mesir

Alwi Shihab dianugerahi “Muhammad Abdo International Prize” di Mesir

Alwi Shihab dianugerahi “Muhammad Abdo International Prize” di Mesir. (kemlu)

Mimbar-Rakyat.com (Mesir) –  Pusat Kajian Cairo Center for Strategic Studies (CCSS) menyampaikan  Dr. Alwi Shihab, Utusan Khusus Presiden dan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia,  memenangkan penghargaan “Imam Muhammad Abdo International Prize” untuk 2020.

Penghargaan Imam Muhammad Abdo diberikan kepada tokoh dan figur yang memiliki peran penting dalam menguatkan nilai-nilai moderasi, rasionalitas, dialog dan perdamaian dunia.

CCSS memandang bahwa Dr. Alwi Shihab adalah seorang pemikir dan politisi yang memiliki peran penting dalam bidang diplomasi, pemikiran Islam yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam moderat yang diusung oleh Al-Azhar.

Selain itu, Dr. Alwi Shihab juga senantiasa melakukan berbagai upaya dalam rangka memerangi bahaya terorisme, ekstrimisme dan radikalisme dalam beragama.

Direncanakan, seperti dilansir kemlu.go.id, penghargaan tersebut akan diserahkan oleh CCSS melalui Duta Besar Republik Indonesia diKairo. Selain itu, CCSS juga akan menjadwalkan kuliah umum bersama Dr. Alwi Shihab pada saat kunjungannya kelak ke Mesir.

Dalam hal ini, informasi mengenai hal tersebut telah tersebar dan diberitakan oleh sejumlah media nasional Mesir antara lain seperti surat kabar Al-Ahram, Youm7, Shourouknews dan elwatannews.

CCSS merupakan pusat kajian strategis di Kairo yang dibentuk untuk melakukan berbagai studi tentang  dunia Arab, kawasan Timur Tengah dan perkembangan global.

Di antara kegiatan CCSS adalah penyelenggaraan seminar, konferensi, diskusi dan loka karya ilmiah yang melibatkan sejumlah pakar dan intelektual dalam berbagai isu strategis serta riset akademik.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru