Thursday, November 26, 2020
Home > Berita > Ada domba bertanduk lima doyan kopi di Dusun Jatisari

Ada domba bertanduk lima doyan kopi di Dusun Jatisari

Domba bertanduk lima doyan kopi di Dusun Jatisari, Kuningan. (dien)

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Minuman kopi ternyata tidak hanya disukai manusia, bahkan domba pun menyukai cairan hitam itu, seperti milik Yayan Supiran, warga Dusun Jatisari Desa Seda, Kecamatan Mandirancan, Kuningan Jawa Barat.

Selain suka minum kopi, domba milik Yayan ini ternyata memilik lima tanduk di kepalanya. Hal itulah yang membuat warga belakangan ini berbondong – bondong ingin melihat domba bernama Panca ini.

Menurut Yayan, Panca dibeli dari seorang peternak domba di Lamongan, Jawa Timur, pada awal 2020. Panca ada di antara 57 ekor domba yang dibelinya saat itu.

Ketika itu usia Panca baru tiga hingga empat bulan, belum memiliki tanduk. Keanehan mulai terlihat saat Panca sudah dipelihara selama dua bulan oleh Yayan.

“Waktu itu beli di daerah Lamongan. Nah si Panca ini ada keanehan bentuk kepalanya jadi dipisah dari domba lain. Setelah dua bulan dipelihara tanduk yang tumbuh di kepala Panca ternyata ada lima,” jelan Yayan.

Perilaku Panca pun berbeda dengan domba yang lainnya. Biasanya domba berperilaku agresif, namun Panca justru jinak dan manja kepada pemiliknya.

“Panca ini justru nurut dan manja, saat dipanggil untuk dikasih makan dia mendekat. Sifatnya tidak kaya domba lain,”sambung Yayan.

Manag Yayan dan dombanya. (dien)

Selain bermanjaan Panca pun seringkali ikut nimbrung ketika Yayan sedang bersantai menikmati minuman kopi di teras rumah.

“Kalau saya lagi ngopi di teras itu dia mendekat. Awalnya saya coba iseng ngasih minum kopi itu, lama kelamaan kayaknya Panca jadi suka ngopi,” jelas Yayan.

Rencananya Yayan akan menjual Panca ketika usianya sudah sekitar satu tahun lebih. Namun Yayan tidak ingin menjual dengan bentuk uang, melainkan ditukar dengan kendaraan.

“Rencana mau dijual tapi tidak dalam bentuk uang. Mungkin dibarter dengan motor Yamaha NMAX. Motor itu sebagai kenangan bahwa saya pernah punya Panca,” kata Yayan.  (dien / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru