Tuesday, January 19, 2021
Home > Berita > Cianjur Raya > 6 Tempat Wisata di Cianjur Favorit yang Wajib Dikunjungi. Kuy Liburan!

6 Tempat Wisata di Cianjur Favorit yang Wajib Dikunjungi. Kuy Liburan!

Liburan : Salah satu tempat wisata Kebun Raya Cibodas Cipanas Cianjur menjadi tempat favorit untuk liburan/dok/yukpiknik.com

Mimbar-Rakyat.Com (Cianjur)-Ini dia tempat wisata di Cianjur  perlu wajib dikunjungi. Enam tempat wisata ini dianggap favorit bagi wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Berikut daftarannya.

  1. Kebun Raya Cibodas

Merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam dan berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain.

Berbagai macam fasilitas juga tersedia di kawasan Cibodas, mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, dan tempat berkemah seluas 3 hektare yang dapat menampung 200 tenda.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai tempat yang ada di cibodas seperti, Taman Sakura, Taman Lumut, Taman Paku-Pakuan, Taman Liana, Koleksi Bunga Bangkai, dan Curug Ciismun.

Berdasarkan PP Nomor 106 tahun 2012, harga tiket masuk kebun raya cibodas mulai per 1 Maret 2019 adalah sebesar Rp 16.500/ orang, buka jam 08.00 – 17.00 WIB.

Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir roda empat Rp 16.000. Biaya tiket tersebut sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putra.

Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

  1. Taman Bunga Nusantara

Merupakan Taman Bunga terbesar yang ada di Jawa Barat atau bahkan mungkin di Indonesia. Taman ini di bangun di atas lahan seluas 35 hektar yang di bagi menjadi beberapa taman.

Berada di ketinggian pegunungan dan tidak jauh dari Gunung Gede, membuat suasana dan udara di tempat ini segar sekali.

Disini kalian bisa lihat hamparan rumput hijau yang langsung bikin adem, rangkaian bunga berbagai jenis yang indah, dan berbagai spot yang instagrammable.

Ada lebih dari 10 icon yang ada di Taman Bunga Nusantara yang bisa dinikmati pengunjung dan juga banyak fasilitas yang bisa kalian gunakan.

Harga Tiket masuk pun cukup terjangkau yaitu hanya Rp 40.000/orang.

Lokasi : Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254

  1. Little Venice Kota Bunga Cianjur

Kota Bunga menggunakan tema yang cukup unik, yaitu destinasi yang menyerupai Venezi di Italia. Bangunan-bangunan yang ditata rapi dengan danau dan kanal-kanal yang instagramable, mirp gedung yang ada di Eropa.

Ada berbagai fasilitas pendukung dan ornamen cantik seperti taman dan gandola, membuat kamu semakin keren saat mengbadikan foto di sana.

Selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas seru dengan berbagai wahana air yang tersedia, seperti sepeda air, perahu, kapal, banana boat, buble ball, perahu naga, kapal Missipi, rubber boat.

Harga tiket sangat terjangkau yaitu Rp25.000/orang

Lokasi : Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

  1. Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Dari puncak dengan ketinggian situs ini, kamu bisa menikmati keindahan alam di sekitar gunung yang begitu asri dan mempesona. Harga tiket masuknya sangat murah sekali hanya Rp 5000/ orang.

Lokasi berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

  1. Pokland Haurwangi

Pokland adalah salah satu objek wisata di Cianjur yang baru-baru ini hits di sosial media. Bahkan selalu ramai dibicarkan di instagram.

Awalnya, Pokland berupa hutan pinus yang dijadikan sebagai tempat pengumpulan kayu pongpoklandak untuk bahan material bangunan dan kerajinan.

Belakangan, Pokland kemudian dijadikan oleh remaja setempat sebagai tempat untuk hunting foto, yang akhirnya diresmikan menjadi tempat wisata dengan penambahan berbagai spot unik di dalamnnya.

Di sana, kamu bisa berfoto ria di berbagai sudutnya seperti di sela-sela hutan pinus, spot love, payung tergantung, gardu pandang, hingga rumah terbalik.

Uniknya kamu bisa menyewa baju tradisional korea (handbuk) untuk menghasilkan foto instagramable ala suasana korea.

Tidak hanya itu, di sana juga disediakan berbagai fasilitas tambahan untuk melengkapi kegiatan serumu di sekitar lokasi.

Seperti area camping ground, glamping, garden party, rumah pohon, area motocros, sepeda trail, hingga tempat bermain anak.

Lokasi: Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

  1. Pantai Jayanti Cidaun

Pantai di pesisir selatan Cianjur ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dengan ombak yang cukup besar. Meskipun berpasir hitam, namun pesona Pantai Jayanti tidak kalah eksotis dengan pantai lainnya di Cianjur.

Di kawasan pantai terdapat pelabuhan nelayan dan pasar ikan, sehingga bagi siapapun yang gemar dengan seafood bisa memilih tempat ini.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pantai sekaligus berwisata kuliner untuk melengkapi agenda rekreasi di Pantai Jayanti.

Lokasi: Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Itulah beberapa objek wisata di Cianjur dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi dengan keluarga, pasangan atau kerabat kamu. Dengan lokasi yang strategis juga harga tiket yang sangat terjangkau bisa mengisi waktu luang atau weekend kamu. deni ak/di ambil dari berbagai sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru