Saturday, October 31, 2020
Home > Berita > Tim Pakar Gugus Tugas Anggap Jawa Barat Terbaik Hadapi Covid-19

Tim Pakar Gugus Tugas Anggap Jawa Barat Terbaik Hadapi Covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, Jawa Barat sejauh ini menjadi provinsi terbaik yang menangani kasus virus corona (Covid-19). Wiku menilai, Jabar memiliki koordinasi yang baik dengan pemerintah.

“Jabar sejauh ini telah bertindak cukup baik berdasarkan indikator epidemiologi. Jabar juga menunjukkan koordinasi yang bagus dengan pemerintah, yang membuat Jabar bisa menjadi juara lokal dalam menghadapi Covid-19,” ujar Wiku dalam jumpa pers, Rabu (20/5).

Wiku menuturkan Jabar memiliki komitmen kuat mencegah transmisi Covid-19. Selain itu, berdasarkan data dari aplikasi Bersatu Lawan Covid, kata dia, Jabar menunjukkan penurunan angka kasus sejak penerapan PSBB.

“Itu diduga karena tes massal yang dilakukan Jabar beberapa pekan lalu,” katanya. Wiku berharap provinsi maupun kabupaten/kota lain yang juga menerapkan PSBB dapat mencontoh Jabar dalam menangani Covid-19.

“Tentu kami berharap daerah lain yang menerapkan PSBB, tiga provinsi, 27 kabupaten/kota, bisa mengikuti contoh yang bagus,” ucapnya.

Jumlah data harian kasus penularan corona di Jabar diketahui masih fluktuatif. Meski angka kasus baru positif corona dan meninggal terus bertambah, namun pasien sembuh juga meningkat signifikan.

Data pada Rabu (20/5), kasus positif di Jawa Barat sebanyak 1.876 orang. Dari jumlah itu 412 orang dinyatakan sembuh dan 124 orang meninggal dunia.

Orang dalam pemantauan (ODP) berdasarkan data pada hari yang sama mencapai46.576 orang. Ada 6.511 orang masih dalam pemantauan dan 40.065 orang selesai pemantauan.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 7.586 orang. Ada 5.071 selesai pengawasan dan 2.515 masih menjalani pengawasan. (C/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru