Friday, February 26, 2021
Home > Berita > Saatnya JOTA Bangkit Bersama Sean dan Tom

Saatnya JOTA Bangkit Bersama Sean dan Tom

Saatnya JOTA Bangkit Bersama Sean dan Tom di lanjutan laga Asian Le Mans, Sabtu dan Minggu. (jagonya ayam)

Mimbar-Rakyat.com (Au Dhabi) – Akhir pekan pertama Asian Le Mans Series (ALMS) di Dubai menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi tim JOTA, namun mereka bertekad bangkit pada lanjutan ALMS di Abu Dhabi, Jumat (19/2) dan Sabtu.
Pada balapan ini, JOTA akan mengandalkan pebalap Indonesia Sean Gelael yang berduet dengan pebalap Inggris, Tom Blomqvist.

JOTA sudah merekam hal-hal kecil dan rinci yang membuat duet Team Jagonya Ayam, Sean Gelael dan Stoffel Vandoorne (Belgia), hanya bisa meraih posisi runner-up di Race 1 dan posisi enam di Race 2 di Dubai, minggu lalu.

Padahal, dalam banyak faktor, Sean/Stoffel berpeluang besar memenangi kedua balapan itu buat tim asal Inggris ini. Dari catatan Race 1 dan Race 2 di Dubai Autodrome, terlihat bahwa total waktu di pit, apa pun penyebabnya, adalah kunci memenangi lomba ketahanan.

Tim G-Drive #26 memenangi dua balapan tersebut semata karena mereka cermat saat pit stop, walau tak melulu harus memiliki jumlah pit stop lebih sedikit.

Pada Race 2, misalnya, G-Drive #26 melakukan pit stop enam kali,  sementara G-Drive #25 yang jadi runner-up hanya lima kali. Ini karena #26 lebih singkat di pit dan sekaligus juga lebih cepat di trek.

Sementara itu JOTA #28 menjadi korban lama di pit karena beragam faktor. Pada Race 1 JOTA menghabiskan total waktu 6 menit 39 detik di pit untuk lalu finis kedua, sementara G-Drive #26 hanya 5:31.

Pada Race 2 lebih gila lagi, yakni total 19:39, di mana #26 lagi-lagi tak sampai enam menit, yakni 5:46.

JOTA telah menganalisis penyebab mereka terpaksa menghabiskan waktu lama di pit. Dan itu adalah insiden yang tidak perlu terjadi di atas trek alias insiden yang bisa dihindari.

Mereka mesti lebih cermat lagi berada di atas trek, ketika waktu balapan masih panjang dan banyak pebalap lain melintas. Manajemen menghindari traffic jadi sorotan.

Sean dan Tom Blomqvist, yang didukung Pertamina dan BNI ini, diharapkan bisa keluar dari jebakan traffic sehingga tak perlu terlibat dalam insiden yang merugikan.

“Pada Race 2 di Dubai kami terlibat insiden yang mengakibatkan kerusakan suspensi mobil dan mesti diperbaiki di garasi dalam waktu lama. Padahal sebelum insiden itu kami sedang memimpin. Itu adalah balapan yang keras, tapi kami mesti tampil bagus di Abu Dhabi,” demikian keterangan tim JOTA, seperti disampaikan manajer media tim Jagonya Ayam, Aswin Rizal Harahap, Kamis.

Race 3 dan Race 4 bisa disaksikan langsung via livestreaming melalui situs www.sean-gelael.com.

Klasemen Tim Sementara
Kelas LMP2
1. G-Drive #26 – 50 poin
2. G-Drive #25 – 32 poin
3. Phoenix Racing #5 – 30 poin
4. JOTA #28 – 26 poin
5. Racing Team India #64 – 22 poin

Jadwal Asian Le Mans Series
Abu Dhabi

Kamis, 18 Feb
Free Practice 1: 17.30 – 19.00 WIB
Free Practice 2: 21.30 – 23.00 WIB

Jumat, 19 Feb
Qualifying – Race 3 (LMP2):
13.30 – 13.45 WIB
Qualifying – Race 4 (LMP2):
15.15 – 15.30 WIB

Race 3: 19.00 – 23.00 WIB

Sabtu, 20 Feb
Race 4: 19.10 – 23.10 WIB.

(arh/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru