Tuesday, October 04, 2022
Home > Berita > Ryan Nirwan juara Reli Nasional Danau Toba 2022

Ryan Nirwan juara Reli Nasional Danau Toba 2022

Ryan Nirwan juara Reli Danau Toba 2022 yang berlangsung Sabtu dan Minggu. (kompas)

Mimbar-Rakyat.com (Parapat) – Ryan Nirwan didampingi navigator Adi Indiarto tampil sebagai juara Reli Nasional Danau Toba2002 yang berlangsung di kawasan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu dan Minggu (6-7/8).

Ryan yang melaju membela tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), menyelesaikan seluruh trayek khusus (special stage = SS) reli itu dengan catatatan waktu satu jam 56 menit tujuh detik.

Bagi Ryan dan TGRI, meraih kemenangan di Danau Toba Rally 2022 yang merupakan kejuaraan nasional putaran pertama ini, bukanlah menjadi target utama.

Namun setelah memimpin lebih dari dua menit pada hari pertama, target pembalap asal Balikpapan, Kalimantan Timur, itu pun berubah menjadi lebih fokus.

“Tadinya memang hanya fokus pengembangan mobil, tapi setelah leading targetnya pun berubah jadi menang,” katanya kepada media, sesuai berlaga, Minggu.

“Caranya dengan berusaha untuk mempertahankan lead ini tapi tanpa terlalu memaksakan kendaraan. Karena mau unggul lima menit atau lima detik pun hasilnya tetap menang,” tambahnya.

Dengan cara membalap konservatif seperti yang terjadi pada hari pertama, Ryan akhirnya sukses membangun jarak 2 menit 55,9 detik dari rival terdekatnya.

Rival tersebut adalah Ahmad Rizki Prayoga dan navigator Donny Wardono, dari tim HRVRT BGM-HBM yang menggunakan Hyundai i20 R5.

Dengan kemenangan pada putaran pertama kejurnas reli 2022 di Danau Toba Rally 2022, Ryan Nirwan memperpanjang rentetan kemenangannya, setelah menang di sprint rally.

Setelah sebelumnya menyapu bersih dua seri pembuka Kejurnas Sprint Rally di Malang, Jawa Timur pada 23-24 Juli 2022.

Sehari sebelumnya

Pada laga Leg 1 sehari sebelumnya, pereli Mitsubishi Xpander Rally Team Rifat Sungkar / M Redwan mencatatkan waktu tercepat di Special Stage (SS) 1 dengan catatan waktu 14 menit 5,8 detik, terpaut tiga detik dari pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia Ryan Nirwan / Adi Indiarto yang mencatatkan waktu 14 menit 9,01 detik.

Ryan Nirwan mendominasi hampir seluruh SS, dengan posisi menakjubkan, pada SS1 di posisi kedua (14 menit 9,1 detik), di SS2 posisi pertama (5 menit 32,3 detik), SS3 di posisi pertama (18 menit 3,6 detik), SS4 pada posisi kedua (14 menit 21,8 detik), di SS5 pada posisi pertama (5 menit 31,8 detik) dan pada SS6 beradadi posisi pertama (18 menit 30,5 detik).

Ryan mengakui SS Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga, di Danau Toba Rally sangat menantang dan ganas karena dipenuhi bebatuan.

Cuaca di awal start SS1 cerah, tapi mulai mendung hingga SS 2 dimulai, namun mulai hujan di SS5. Tercatat ada empat pereli yang tidak finish di SS1, yaitu Edwin Djaya (Mitsubishi Lancer Evo III), Musa Arjiansyah (Ford Fiesta R2), TM Ryandava Rizky (VW Scirocco TSi), dan Aswin Tanuseputra (Toyota Corolla DX).

Rifat Sungkar mengalami kendala di SS2, saat menghantam batu dengan sangat keras sehingga sistem pendingin mesin rusak berat dan berakibat pada hilangnya tenaga kendaraan yang memaksanya untuk tidak dapat memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi di SS3 sehingga membuat posisinya merosot ke urutan 20 pada SS tersebut dan terhenti hingga akhir Leg 1.

Sementara Ijeck mengalami masalah di SS4. Wakil Gubernur Sumut itu terperosok dan mengalami mechanical problem sehingga gagal finish. Namun masih mampu kembali ke Service Park dan siap untuk melanjutkan lomba Leg 2 pada Minggu (7/8).

Canya Prasetyo, satu-satunya pereli wanita, bersama co-driver M Herkusuma dari Banteng Motorsport Jakarta mengaku masih membangun chemistry dengan mobilnya untuk berlaga di Leg 1 ini. Ia mengalami pecah ban di SS4, SS5, dan SS6. Sementara untuk Leg 2 ia merasa bisa finish saja sudah cukup.

Pereli asal Sumut Benny Lautan/Edwin Nasution menduduki peringkat kelima di SS3 dan SS4 dengan catatan waktu terbaik 19 menit 44,2 detik (SS3) serta 15 menit 25,7 detik (SS4). Pereli dari RFT Motorsport itu mengendarai Mitsubisihi Evolution IV.

Sedangkan pereli asal Jawa Barat Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono dari tim HRVRT BGM HBM BMB memuncaki SS4 dengan catatan waktu 14 menit 9,6 detik. Selain itu, pengendara Hyundai i20 R5 tersebut juga finish lima besar di SS1, SS3, SS5, dan SS6.

Sehubungan dengan berhentinya mobil peserta nomor 49 dan menghalangi peserta nomor 52, 50, 56, 54, 34, 51, 36, 55, 57, dan 58 di SS4, maka berdasarkan peraturan Rally dan Sprint 2022 pasal 38 (gangguan pada SS) maka Pengawas Perlombaan memutuskan untuk memberikan waktu tempuh SS4 pada ke-10 peserta tersebut adalah sama dengan waktu tempuh masing-masing di SS1.

Berikut posisi tiga besar Danau Toba Rally 2022:

  1. Ryan Nirwan/Adi Indiarto (Toyota Gazoo Racing Indonesia) – 1 jam 56 menit 7,2 detik2.
  2. Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono (HRVRT BGM-HBM) – 1 jam 59 menit 3,1 detik3.
  3. Batara Michdar/M. Luthfi (BRM Motorsport) – 2 jam 3 menit 13,8 detik. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru