Thursday, June 17, 2021
Home > Berita > Putera Indonesia Wakili Qatar di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

Putera Indonesia Wakili Qatar di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

Pelajar Indonesia di Qatar, Farhan Farizi, wakili Qatar di kejuaraan dunia balap sepeda. (bd)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Atlet andalan Qatar,  putra Indonesia, Farhan Farizi,  berpartisipasi pada kejuaraan dunia balap sepeda Road World Championships (RWC) yang diadakan 9-16 Oktober 2016.

Pemuda asal kota pempek Palembang itu merupakan satu satunya putra Indonesia yang ikut serta dalam  kejuaraan akbar tahunan yang dilaksanakan Union Cycliste Internationale (UCI) itu. Indonesia kali ini tidak menurunkan atletnya pada kejuaraan akbar yang berlangsung sejak 1921.

Kejuaraan yang diikuti sekitar 1.000 pebalap dari 75 negara, melibatkan lebih dari 5700 delegasi dari federasi manca negara, teknisi dan jurnalis.

Qatar akan diwakili tiga pembalap nasional, Farhan Farizi, Abdullah Afif dan Jassim al-Jabiri.  Qatar merupakan negara pertama di kawasan Timur Tengah dan negara Asia kedua, Jepang,  yang menyelenggarakan kejuaraan dunia tersebut pada 1990.

Pelajar sekolah Qatar Internasional School di Doha yang berusia 17 tahun ini merupakan putra kedua Heri Kartono, tokoh diaspora Indonesia di Qatar.

Sebagai pembalap andalan tim nasional Qatar, Farhan memiliki kepercayaan diri tinggi. “Target masuk pada kelompok 50 pembalap junior dunia,” ujarnya.

“Saya telah mempersiapkan diri selama 12 bulan dan memperoleh juara pertama pada kejuaraan road race time trial di Split, Kroasia pada 23 September 2016,” kata Farhan yang telah menjalani pusat pelatihan di Slovenia, Kroasia dan Italia selama dua bulan .

Farhan Farizi, wakili Qatar di kejuaraan dunia balap sepeda.  v(bd)
Farhan Farizi, wakili Qatar di kejuaraan dunia balap sepeda. v(bd)

Menurut  Heri Kartono, sebelum berkecimpung dalam dunia balap sepeda,  Farhan  menekuni olah raga bola voli. “Peluang untuk menjadi pembalap nasional Qatar  lebih menjanjikan” ungkap Heri yang juga pelaku usaha di Qatar.  Farhan yang juga kerap berpartsipasi pada kejuaraan triathlon di Qatar sangat siap menyambut kejuaraan RWC.

“Saya tidak sabar untuk segera berkompetisi,” tambah putra keduaHeri Kartono  yang juga mantan Ketua  Persatuan masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa).

Farhan turun pada nomor Junior Individual Time Trial yang dimulai pada 11 Oktober 2016. Menurut Pelatih tim nasional Qatar, Tareq Ismaili, meski pembalap Qatar belum berpengalaman sebaik pembalap dunia lainnya namun bertekad untuk melakukan yang terbaik sebagai tuan rumah.

Heri Kartono mengharapkan Farhan dapat berpartisipasi pada kejuaraan Asian Games yang diadakan di Palembang pada 2018. “Pulang kampung sekaligus ikut kejuaraan Asian Games,” ujar pengurus ormas Wong Kito  dan telah bermukim satu dekade di Qatar. Ditambahkannya bahwa Farhan yang telah menginjak kelas 13 merencanakan akan melanjutkan sekolah ke Australia tahun depan.

Kejuaraan Road World Championships direncanakan melintasi jalan sepanjang 257,5 km menyusuri ibukota Qatar, Doha dan dilanjutkan ke luar kota menuju  Alkhor.

Menurut Kuasa Usaha ad-interim KBRI Doha, Boy Dharmawan, Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi sangat mendukung keikutsertaan Farhan Farizi dalam Kejuaraan Dunia yang sangat prestise tersebut.

“Ketikutsertaan Farhan pada berbagai kejuaraan internasional dan kerap memenangi berbagai lomba mengharumkan nama Indonesia di Qatar,” ujar mantan anggota DPR tersebut.  (BD/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru