Monday, June 24, 2024
Home > Berita > Persiapan HUT Ke-79 RI di IKN Hampir Final, Peletakan Batu Pertama Sejumlah Gedung Dilakukan

Persiapan HUT Ke-79 RI di IKN Hampir Final, Peletakan Batu Pertama Sejumlah Gedung Dilakukan

Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Mimbar-Rakyat.com (Nusantara) – Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah lokasi yang akan dijadikan tempat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Presiden, semua persiapan dan tempat pelaksanaan HUT ke-79 RI sudah berjalan dengan baik.

Presiden Jokowi meninjau langsung kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. Presiden menyebut bahwa persiapan jelang HUT ke-79 sudah hampir selesai.

“Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan. Menurut Presiden, semua persiapan dan tempat pelaksanaan HUT ke-79 RI sudah berjalan dengan baik.

“Tadi kita cek satu per satu dari lokasi, venue, kemudian tata urut upacara, semuanya sudah tidak ada masalah,” ungkap Presiden, seperti dikutip dari BPMI Setpres.

Presiden juga memastikan bahwa progres pembangunan sejumlah infrastruktur tahap pertama di IKN sudah berjalan sekitar 80 persen. Presiden pun optimistis bahwa ia akan mulai berkantor di IKN bulan Juli mendatang.

“Insyaallah selesai. Sangat optimistis untuk kantornya, ini masih nunggu satu: air. Airnya Juli,” ucap Presiden.

Istana Selesai Juli

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan bahwa target penyelesaian untuk pembangunan Istana Presiden di IKN adalah pada Juli mendatang. Pihaknya juga akan terus melakukan pemeliharaan agar dapat digunakan tepat waktu.

“Secara keseluruhan interior Juli akhir mudah-mudahan sudah siap sehingga nanti tanggal 1 Agustus Istana maupun ini bisa dilakukan untuk zikir nasional dan sampai dengan untuk 17-an,” ujar Diana.

Presiden Joko Widodo, Selasa, 4 Juni 2024,  melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah pembangunan gedung, seperti pembangunan Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Nusantara,  Universitas Gunadarma, serta Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden.

Acara yang berlangsung di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur itu menjadi salah satu langkah pemerintah dalam menyiapkan fasilitas pendidikan di kawasan tersebut.

“Saya sangat menyambut baik peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Islam Terpadu Al-Azhar Summarecon di Nusantara ini karena fasilitas pendidikan sangat dibutuhkan di IKN, baik di sekolah dasar SD, SMP, SMA, dan seterusnya,” ucapnya.

Presiden juga melakukan peletakan batu pertama Universitas Gunadarma di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden menekankan pentingnya fasilitas pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan global yang makin ketat.

“Sehingga SDM-SDM yang kita miliki nantinya, sumber daya yang kita miliki nantinya akan memiliki kualitas yang sangat baik karena memang sekarang persaingan antarnegara, kompetisi antara SDM-SDM di sebuah negara dengan negara yang lain ini begitu sangat ketatnya,” tambahnya.

Kepala Negara juga meyakini bahwa keberadaan universitas di kawasan IKN dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas SDM di Pulau Kalimantan, khususnya Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden juga melakukan peletakan batu pertama Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam sambutannya, Kepala Negara menekankan pentingnya investasi dalam pembangunan IKN sebagai langkah menuju masa depan yang lebih baik.

“Investasi di IKN Nusantara ini adalah membeli masa depan,” ujar Presiden.

Presiden menekankan pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan bandara untuk mendukung aksesibilitas ke IKN. Presiden juga menegaskan pentingnya dukungan investasi saat ini untuk mewujudkan visi pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Jadi kalau mau investasi, sekali lagi, sekarang,” tegas Presiden.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru