Friday, August 19, 2022
Home > Berita > Bekasi Raya > Peringati WCD Pemerintah Kecamatan Tambun Utara Bebersih Lingkungan

Peringati WCD Pemerintah Kecamatan Tambun Utara Bebersih Lingkungan

Mimbar-Rakyat.com (Bekasi) – Memperingati World Clean-up Day (WCD) Sedunia yang digelar semua negara, termasuk Indonesia, Pemerintah Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, menggelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang wilayah Tambun Utara, mulai sampah di pinggiran jalan sampai sampai sampah di sepanjang sungai.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis 16 sebtember tersebut dipimpin langsung Camat Tambun Utara, H. Najmudin .

Ditemui di lokasi kegiatan WCD, persisnya di Desa Satria Jaya, camat mengatakan seringkali melihat lahan yang kosong disekitar pinggir jalan sering dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar.

“Padahal setiap kepala desa telah memberikan instruksi kepada para RW dan RT agar menindak tegas setiap pelaku pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya.,” ujar camat.

Pada kegiatan yang dibantu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi ini, pihak kecamatan mendapatkan bantuan pinjaman 4 unit truck dan 2 unit traktor untuk mengangkut sampah yang telah dikeruk dari berbagai lokasi.

” Dibantu pihak Dinas Kebersihan, hari ini dari semua lokasi di Tambun Utara, ada sedikitnya 210 meter kubik sampah yang sudah kita keruk,” tegas camat.

Najmudin mengakui, di Kecamatan Tambun Utara banyak tempat pembuangan sampah ilegal yang harus ditertibkan, terutama di sekitar lahan kosong dan pinggir jalan.

Sementara itu selama ini pihak Kecamatan Tambun Utara rutin dua minggu sekali melakukan bersih-bersih lingkungan setiap Jumat melalui kegiatan Jumsih ( Jumat Bersih).

Terkait dengan banyaknya tempat pembuangan sampah ilegal yang akan merusak keindahan lingkungan serta pencemaran udara. pihak kecamatan telah melakukan diskusi dengan para RW , Binmaspol, Babinsa dan staf desa agar masyarakat mengelola sampah yang ada di sekitar lingkungan.

Mengingat masih rendahnya kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya. camat berinisiatif untuk mengadakan patroli lingkungan.

Sementara itu camat berharap masyarakat sadar akan pentingnya arti keberhisan lingkungan dan untuk membuang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan. ( agus)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru