Tuesday, October 26, 2021
Home > Berita > Bekasi Raya > Kasus Covid-19 Melandai, PMI Kabupaten Bekasi Konsen ke Kegiatan Donor Darah dan Trombosit

Kasus Covid-19 Melandai, PMI Kabupaten Bekasi Konsen ke Kegiatan Donor Darah dan Trombosit

Mimbar-Rakyat.Com ( Bekasi) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi usai bersama Forkopimda sukses dengan kegiatan Gebyar Donor Plasma Konvalesen, kini konsentrasi pada kegiatan donor darah. Hal ini, ujar Ketua PMI Kabupaten Bekasi, H. Achmad Kosasih, sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah, khususnya oleh penderita DBB .

Dalam wawancaranya kepada M-R, Jumat (20/08) di kantornya, Kosasih mengatakan, permohonan akan plasma Konvalesen telah jauh menurun seiring berkurangnya penderita Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Pada saat Covid-19 tengah memuncak di kisaran Juni-Juli, terang Kosasih, ada sekitar 200 penderita Covid-19 yang minta Plasma Konvalesen ke PMI Kabupaten Bekasi. jumlah permintaan Plasma Konvalesen.

“Sekarang permintaan Plasma Konvalesen jauh menurun, seiring suksesnya penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi,” ujar Kosasih.

Saat ini misalnya, PMI stok Plasma Konvalesen ada 18 kantong, sementara permintaan hanya 4.

Biaya untuk pelaksanaan melakukan donor Plasma Konvalesen, lanjut mantan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bekasi ini, cukup mahal sekitar Rp 2,5 juta perorang Jadi, pada kondisi pandemi Covid-19 yang sudah melandai, pelaksanaan donor Plasma dihentikan.

Kosasih menilai, program ‘Berani’ (Kabupaten Bekasi Berantas Pandemi) oleh Pemkab Bekasi sukses menurunkan kasus Covid-19.

“Jadi kita sekarang konsentrasi dengan penyelenggaraan donor darah dan trombosit. Ini untuk mengantisipasi pasien DBD,” terang Kosasih.

Sementara itu stok darah di PMI Kabupaten Bekasi saat ini, terang Kosasih, ada 6.000 kantong. Biasanya, pada masa sebelum pandemi Covid-19, mereka yang mendonorkan darahnya rata-rata sekitar 200 orang perhari.

Di masa pandemi, donor darah anjlok karena adanya pembatasan kerumunan dan protokol kesehatan lainnya.( agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru