Saturday, December 03, 2022
Home > Berita > Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim ditunjuk sebagai perdana menteri

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim ditunjuk sebagai perdana menteri

Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim melambai saat dia pergi setelah bertemu dengan Raja Malaysia di Istana Nasional di Kuala Lumpur pada 22 November 2022. (Foto: AFP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Kuala Lumpur) – Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri pada hari Kamis (24/11). Demikia menurut sumber istana sultan, dan akan dilantik pada pukul 5 sore waktu setempat. (0900 GMT).

Pemilihan umum pada hari Sabtu berakhir di parlemen yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan tidak satu pun dari dua aliansi utama, satu dipimpin oleh Anwar dan yang lainnya mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin, segera dapat mengamankan kursi yang cukup di parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Penunjukan Anwar mengakhiri perjalanan panjang tiga dekade dari pewaris menjadi tahanan yang dihukum karena tuduhan sodomi, menjadi pemimpin oposisi lama. Demikian dilaporkan Arab News.

Pria berusia 75 tahun itu berulang kali ditolak menjadi perdana menteri meskipun berada dalam jarak yang sangat dekat selama bertahun-tahun: dia adalah wakil perdana menteri pada 1990-an dan perdana menteri resmi pada 2018.

Dia menghabiskan hampir satu dekade di penjara karena tuduhan sodomi dan korupsi dalam apa yang dia katakan sebagai tuduhan bermotif politik yang bertujuan untuk mengakhiri karirnya.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru