Friday, May 24, 2024
Home > Berita > PBB sebut penyakit merebak di Jalur Gaza akibat ketiadaan air bersih 

PBB sebut penyakit merebak di Jalur Gaza akibat ketiadaan air bersih 

Seorang anak laki-laki Palestina menangis ketika dia berdiri di tengah puing-puing kamp Maghazi. (Foto: AFP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Jenewa) – Koordinator kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk wilayah pendudukan Palestina Jamie McGoldrick mengatakan, penyakit bawaan air merebak di Jalur Gaza akibat kurangnya akses air bersih dan peningkatan suhu.

“Kondisi di sana menjadi semakin panas,” ucap McGoldrick pada Jumat (12/4) seusai merampungkan kunjungan terakhirnya ke Gaza.

“Warga di sana mendapat lebih sedikit air dari yang mereka butuhkan. Akibatnya, penyakit yang menyebar lewat air menyebar karena kurangnya pasokan air yang aman dan bersih serta gangguan terhadap sistem sanitasi,” kata dia menjelaskan.

Ia mengatakan, upaya-upaya untuk memperbaiki pasokan air bersih harus diusahakan demi memperbaiki kualitas hidup masyarakat di Jalur Gaza.

“Kita perlu mencari cara untuk beberapa bulan ke depan demi memastikan kita mendapatkan pasokan air yang lebih baik ke daerah-daerah yang dipadati pengungsi saat ini,” kata McGoldrick.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sanitasi yang buruk dan air yang terkontaminasi memiliki keterkaitan dengan potensi penularan penyakit seperti kolera, diare, disentri, dan hepatitis A.  (an / him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru