Monday, December 06, 2021
Home > Berita > Orangutan yang terancam punah mengandung anak kembar di New Orleans

Orangutan yang terancam punah mengandung anak kembar di New Orleans

Seekor orangutan Sumatera yang terancam punah di New Orleans kini hamil anak kembar. Demikian kebun binatang di New Orleans mengumumkan Kamis. (Foto: AP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (New Orleans) – Seekor orangutan Sumatera yang terancam punah,  di New Orleans, Amerika Serikat, sedang hamil anak kembar. Demikian kebun binatang di New Orleans mengumumkan baru-baru ini.

“Kami sangat gembira dengan kehamilan ini,” kata Bob MacLean, dokter hewan senior di Kebun Binatang Audubon, dalam rilis berita. “Kembar sangat jarang terjadi pada orangutan — hanya ada sekitar 1 persen kemungkinan hal ini terjadi,” tuturnya seperti dikutip dari Arab News.

Kelahiran diperkiraka akan terjadi pada bulan Desember atau Januari nanti dan akan menjadi yang pertama bagi  Menari, 12 tahun, seekor jantan yang dibawa ke New Orleans pada akhir 2018 dari sebuah kebun binatang di Jerman. Tetapi bagi betina bernama Jambi, akan menjadi yang ketiga dan keempat.

Orangutan sumatera menyapih keturunannya pada usia sekitar 7 tahun dan memiliki periode terpanjang antara kelahiran mamalia — 8,2 hingga 9,3 tahun, menurut International Union for Conservation of Nature.

Kera besar yang dinamai dengan rambut merah panjangnya telah dimusnahkan oleh perburuan serta perusakan hutan dan rawa gambut di mana, mereka menghabiskan hampir seluruh waktunya di atas pepohonan.

Sekitar 13.500 diyakini ada di populasi liar yang berkelanjutan, dan “jumlah keseluruhan terus menurun secara dramatis,” menurut IUCN.

Menyaksikan ibu pemimpin Feliz dan Reese, yang datang ke New Orleans pada 2018 dari ABQ BioPark di Albuquerque, melahirkan dan membesarkan putri mereka telah membantu mempersiapkan Menari untuk menjadi ibu, kata para pejabat.

Pihak kebun binatang mengatakan, penjaga dan dokter hewan memberikan pelatihan harian dan sesi pengayaan kepada Menari untuk mempersiapkannya menjadi ibu dan kemungkinan bahwa dia mungkin memerlukan bantuan untuk membesarkan salah satu atau keduanya.

Jika semua berjalan lancar, si kembar orangutan akan menjadi pasangan kedua yang lahir di Audubon.

Bon Temps dan Lagniappe, yang dijuluki Bonnie dan Lana, dibesarkan dengan tangan setelah kelahiran mereka pada tahun 1985 dari orangutan bernama Sarah. Bonnie meninggal pada tahun 2016 di Zoo Miami; Lana, 36, berada di Kebun Binatang Greenville di Carolina Selatan.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru