Tuesday, August 09, 2022
Home > Berita > Monza, Temple of Speed

Monza, Temple of Speed

Sirkuit Monza yang dikenal dengan jalur cepatnya. (jagonya ayam)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Apa pun layout yang digunakan, Autodromo Nazionale Monza atau Sirkuit Monza, selalu identik dengan kecepatan maksimal dan itulah kenapa sirkuit di dekat kota Milan, Italia, ini dijuluki Temple of Speed.

Monza adalah sirkuit permanen tertua ketiga di dunia setelah Brooklands di Inggris dan Indianapolis di AS. Brooklands digunakan pada 1907, Indianapolis 1911, sementara Monza 1922. Tahun ini Monza menempelkan angka 100 di samping logo mereka pertanda peringatan 100 tahun keberadaannya.

Dalam sejarahnya Monza pernah punya dua layout utama, oval dan sirkuit F1. Sirkuit oval memiliki panjang 4,250 km, sementara sirkuit F1 5,793 km.

Sirkuit Monza. (jagonya ayam)

Kecepatan maksimal untuk mobil endurance adalah 319,5 km/jam yang dibuat oleh Earl Bamber (Porsche 919 Hybrid, LMP1) pada tes tahun 2017. Sementara untuk F1, top speed juga dibuat saat tes, yakni 372,1 km/jam oleh Juan Pablo Montoya (McLaren-Mercedes) pada 2005.

Grand Prix Italia pertama yang digunakan di Monza adalah pada 1922 dan itu   tentu saja belum jadi bagian Kejuaraan Dunia F1 yang baru dimulai pada 1950.

Baca juga  :

Sean Gelael, dari Le Mans ke Monza

Sementara untuk balapan ketahanan, Monza memulainya tahun 1949. Nama balapannya adalah 1000 Kilometres of Monza. Pada pelaksanaannya, balapan ketahanan di Monza berdurasi kurang dari itu, dengan waktu tempuh berkisar antara tiga sampai enam jam.

Balap ketahanan di Monza menjadi bagian dari World Sportscar Championship, lalu FIA Sportscar Championship. Sementara untuk FIA World Endurance Championship (WEC), Monza baru menjadi bagian pada 2021 walau pernah dijadikan sebagai tempat tes resmi pada 2017.

Tahun ini FIA WEC di Monza adalah seri keempat, yang digelar pada Minggu, 10 Juli. Ajang 6 Hours of Monza itu sendiri disiarkan langsung oleh channel youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com dengan start pukul 17.00 WIB.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru