Tuesday, September 22, 2020
Home > Berita > Meningkatkan Produktifitas Padi, Perlu Perbaikan Jaringan Pengairan Memadai

Meningkatkan Produktifitas Padi, Perlu Perbaikan Jaringan Pengairan Memadai

Ilustrasi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Subang) – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Hendi Jatnika mengatakan, untuk meningkatkan produktifitas padi perlu memperbaiki jaringan pengairan yang memadai.

“Bila jaringan pengairan bagus, maka dapat melakukan penanamanan tiga kali dalam setahun,” ujar Hendi pada Kegiatan Pencanangan Gerakan Tanam, Panen dan Pengendalian OPT di Desa Cicadas Pagaden Barat Subang, Selasa (31/1).

Selain itu, Hendi meminta dilakukan juga upaya Gerakan Pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT). “Ini bertujuan agar hasil panen melimpah,” tegasnya.

Plt. Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengungkapkan, di Subang sekitar 17 hektar lahan sawah hanya bisa ditanam 1 kali dalam satu tahun.

Imas berharap, dengan keberadaan Bendungan Sadawarna yang sekarang akan dibangun di Subang, bisa menanam padi lebih dari satu kali setahun.

“Saya optimis bila Sadawarna telah terbangun petani Subang bisa menanam lebih sekali dalam setahun. Kedepannya juga Subang bisa mensuplai beras ke luar kabupaten atau propinsi bahkan kebutuhan nasional,” ujarnya.

Kata Imas,pengelolaan dan penanaman padi bisa lebih baik jika dari segi pengelolaan, penanaman, perawatan, panen dan pasca panen telah di rencanakan dengan baik. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru