Monday, January 24, 2022
Home > Berita > Lampaui Target , Atlet Peparnas XVI Papua Asal Kuningan Hantarkan Jabar Runner Up

Lampaui Target , Atlet Peparnas XVI Papua Asal Kuningan Hantarkan Jabar Runner Up

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) – Provinsi Jawa Barat meraih peringkat kedua pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua tahun 2021, dengan total raihan 263 medali, dengan rincian 102 medali emas, 88 perak, dan 73 perunggu.

“Meski prestasi Kontingen Jawa Barat menjadi runner up, namun prestasi atlet dari Kuningan justru naik dibandingkan dengan Peparnas sebelumnya,” ujar Toto Toharudi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, saat dihubungi melalui sambungan telepon. Pada Minggu (14/11/2021).

Mewakili Pemerintah Kabupaten Kuningan, Toto mengapresiasi atas prestasi yang diukir oleh atlet binaan National Paralimpik Committee Indonesia (NPCI) Jabar, asal Kabupaten Kuningan. ” Pencapaian prestasi para atlet tersebut melapaui target yang diberikan. Tadinya kami menargetkan tiga medali, tapi ternyata lima atlet Peparnas seluruhnya meraih medali dalam ajang tersebut,” ujar Toto.

Pihaknya berharap kebangkitan olahraga menjadi motivasi bagi Disporapar Kuningan untuk terus melakukan penguatan di bidang olahraga. “Semoga ke depan prestasi atlet asal Kuningan akan lebih banyak lagi. Dan kita sangat berkomitmen dalam pembinaan prestasi atlet ini. Kedepan kita akan bangun PPLP, ” katanya.

Atas prestasi yang ditorehkan pihaknya akan mengadakam penyambutan seperti atlet PON XX Papua. “Atlet Peparnas juga akan kita sambut menggunakan bus kemuning dengan diiringin kendaraan roda dua dari perbatasan tugu ikan menuju pendopo Kuningam, seperti atlet PON kemarin,” ujar Toto.

“Semoga ke depan prestasi atlet asal Kuningan akan lebih banyak lagi. Dan kita sangat berkomitmen dalam pembinaan prestasi atlet ini. Kedepan kita akan bangun PPLP, ” sambungnya.

Sementara Pengurus National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Kuningan, DR Carlan bangga terhadap capaian prestasi atlet binaan NPCI asal kota bokor tersebut.

“Tentu kita sangat bangga, dan ini akan kita berikan penghargaan bagi mereka. Kita akan apresiasi prestasi mereka dengan agenda sebagaimana penyambutan atlet PON beberapa waktu lalu, ” ungkap Elon, sapaannya.

Dr Elon merinci raihan lima medali emas yang disumbangkan dua medali dari Cabang Atletik, dua dari Tenis Meja dan satu dari Cabang Catur.
“Medali emas itu diraih oleh Insan Nurhaida (nomor 100 meter putra), Indah Khoirunisa (nomor 400 meter putri), Junaedi (Cabor Tenis Mej) dan Tita Puspita (Cabang Catur),” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, ada satu medali perak atas nama atlet Mimin dan dua perunggu disumbang Atlet Yayu. (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru