Saturday, July 20, 2024
Home > Berita > Israel nyatakan akan lanjutkan perundingan, namun tetap lancarkan serangan di Rafah

Israel nyatakan akan lanjutkan perundingan, namun tetap lancarkan serangan di Rafah

Foto: Ilustrasi oleh Reuter/Arab News.

Mimbar-Rakyat.com (Jerusalem) – Militer Israel menyatakan pada hari Selasa (7/5) bahwa mereka telah mengambil kendali operasional di Penyeberangan Rafah selatan Gaza, yang berbatasan dengan Mesir, dan pasukan khusus sedang memindai daerah tersebut.

Dikatakan bahwa pasukan telah beroperasi sejak tadi malam di wilayah tertentu di Rafah timur, dimana sebagian besar orang dan beberapa organisasi internasional telah dievakuasi.

Menurut laporan Arab News, dalam jumpa pers pagi hari, pihak Israel juga menyatakan penyeberangan Kerem Shalom ditutup pada hari Selasa karena alasan keamanan dan akan dibuka kembali setelah situasi keamanan memungkinkan.

Pada Selasa pagi, juru bicara otoritas perbatasan Gaza membenarkan penutupan penyeberangan antara Jalur Gaza dan Mesir karena kehadiran tank Israel. Tiga sumber kemanusiaan mengatakan kepada Reuters bahwa aliran bantuan melalui penyeberangan dihentikan.

Sementara itu Sekjen PBB memperingatkan, invasi darat Israel ke Rafah ‘tidak dapat ditoleransi.

Di pihak lain, warga Palestina bereaksi setelah Hamas menerima proposal gencatan senjata dari Mesir dan Qatar, di Rafah, di Jalur Gaza selatan. Alasan mereka, Hamas menerima gencatan senjata di Gaza di saat Israel menyatakan akan melanjutkan perundingan namun tetap melancarkan serangan di Rafah

Pasukan Israel saat ini menguasai penyeberangan Rafah di sisi Palestina, lapor Radio Angkatan Darat Israel.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru