Sunday, February 25, 2024
Home > Berita > Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua ke Turki

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua ke Turki

Personel Tim Medis Darurat atau Emergency Medical Team (EMT) bersiap menaiki pesawat sebelum lepas landas menuju Turki dalam rangka misi Bantuan Kemanusiaan Indoonesia di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (13/2). (Foto: Bidang Komunikasi Kebencanaan / Muhammad Arfari Dwiatmodjo)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan menuju Turki guna mendukung penanganan pascagempa yang melanda Turki beberapa waktu lalu. Selain bantuan logistik dan peralatan, juga dikirim tenaga atau personel.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mewakili pemerintah Indonesia melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

“119 orang hari ini (Senin) diberangkatkan, tim ini merupakan gabungan dari personil Kemenkes, TNI/Polri, NGO dan relawan yang selalu bergerak di bidang kesehatan,” lkata Suharyanto saat memimpin apel pelepasan Bantuan Kemanusiaan di Jakarta, Senin (13/2).

“Perlengkapan rumah sakit lapangan, obat-obatan, kemudian tenda keluarga, tenda pengungsi dan perlengkapan pendukung, serta makanan siap saji yang sangat diperlukan bagi di sana,” ujarnya.

Ditambahkan, tugas dari tim kemanusiaan ini sangat berat, oleh karena itu perlunya memperhatikan kesehatan dan keselamatan masing-masing selama mengembang tugas.

“Tugas sangat berat, cuaca di sana sangat dingin, semua tim agar menjaga kondisi dan keselamatan diri sendiri saat bertugas,” imbuh Suharyanto.

Suharyanto berharap, dengan mengirim bantuan personel dan logistik serta peralatan ke sana, sebagai salah satu cara untuk meringankan penderitaan.

“Tim Kemanusiaan dari Indonesia akan bertugas selama satu bulan. Semoga akan meringankan penderitaan sodara-sodara kita di Turki akibat bencana,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia mengungkap, Indonesia selalu memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara lain yang terkena bencana.

“Indonesia sudah biasa memberikan bantuan kemanusiaan ke negara lain yang terkena bencana, kurun waktu tahun 2010 hingga 2023 sudah 17 kali mengirim tim, terakhir pada 2022 mengirim bantuan ke Pakistan,” ungkap Suharyanto.

Sebagai informasi Tim Medis Darurat atau Emergency Medical Team (EMT) yang dikirimkan Pemerintah Indonesia sesuai dengan standard World Health Organization (WHO).***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru