Thursday, October 01, 2020
Home > Berita > Gugus Tugas Sebut Angka Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Nyaris Samai Dunia

Gugus Tugas Sebut Angka Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Nyaris Samai Dunia

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto.

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengklaim angka kesembuhan pasien Virus Corona atau Covid-19 telah hampir sama di dunia yakni 54,15 persen. Di mana Indonesia sendiri telah menyentuh diangka 41,48 persen.

“Kalau dikaji data sembuh, angka rata-rata dunia kasus sembuh 54,15 persen. Memang angka nasional kita masih di bawahnya yaitu 41,48 persen,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin (29/6).

Namun, kata Yurianto, jika mengacu kepada data rata-rata dunia ada 18 provinsi di Indonesia yang kesembuhannya di atas angka sembuh dunia. Bahkan ada 5 provinsi dengan angka kesembuhan di atas 80 persen.

“Ada lima provinsi dengan angka kesembuhan di atas 80 persen di antaranya Babel, Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Gorontalo,” katanya.

Sementara itu untuk angka kematian atas virus ini, Yurianto mengaku, jika Indonesia angka presentasenya lebih tinggi dari angka rata-rata di dunia. Di mana angka rata-rata dunia adalah 5,01 persen, sedangkan Indonesia angkanya baru menyentuh di 5,15 persen.

“Persentase angka meninggal dari kasus penyakit ini, kalau dilihat angka dunia 5,01 persen. Angka nasional kita di 5,15 persen. Ini lebih rendah dari Jepang yang angka 5,53 persen. Bahkan 23 provinsi angkanya di bawah angka dunia 5,01 persen. Ini yang kemudian kita yakini bahwa optimisme kita kesembuhan pasien semakin baik,” katanya. (M/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru