Friday, February 23, 2024
Home > Berita > Destinasi Wisata Indonesia Kerap Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Destinasi Wisata Indonesia Kerap Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Upacara Melasti di salah satu pantai di Bali. Pulau Bali pernah menjadi salah satu lokasi syuting film Eat, Pray, Love. (Foto: kemenparekraf.go.id/Shutterstock/Deskcom)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Keindahan alam dan budaya di Indonesia selalu berhasil memukau siapa saja yang datang berkunjung. Tak hanya sekadar untuk liburan, pesona Indonesia juga memikat para pelaku industri kreatif perfilman mancanegara, khususnya untuk menjadikan destinasi wisata di Indonesia sebagai lokasi syuting film-film Hollywood.

Ada banyak alasan menjadikan destinasi wisata di Indonesia sebagai latar dalam film-film Hollywood. Selain faktor keindahan alam yang memesona, gaya arsitektur dari setiap bangunan, hingga tradisi dan budaya yang kental, menjadi beragam alasan Indonesia sangat menarik dijadikan lokasi syuting film-film berskala internasional. Demikian dicatat pihak Kementerian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf)

Berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang pernah jadi lokasi syuting film Hollywood:

Film hollywood ini syuting di Jakarta pada 2015, dengan bintang utama adalah Chris Hemsworth. Blackhat mengambil beberapa adegan di Indonesia, yakni Monas, Masjid Istiqlal, dan Bali.

Alasan Masjid Istiqlal dipilih jadi lokasi syuting Blackhat karena memperlihatkan mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim, serta arsitektur masjid yang sangat megah dan unik. Selain itu, film Blackhat juga melibatkan 5.000 penduduk lokal yang menjadi bagian dalam adegan upacara adat di Bali. Alasannya karena sang sutradara ingin menampilkan tradisi Indonesia yang beragam.

Selain Jakarta, Magelang juga digunakan sebagai lokasi syuting film Hollywood, yakni Java Heat (2013). Tepatnya di salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pemilihan Candi Borobudur sebagai lokasi syuting film Java Heat, karena bangunan candi yang sangat klasik dan sudah dikenal oleh masyarakat internasional sebagai warisan UNESCO.

Menariknya, banyak artis lokal ikut memerankan film ini, di antaranya Ario Bayu, Atiqah Hasiholan, Tio Pakusadewo, dan Rio Dewanto. Film garapan Conor Allyn ini pun memperoleh kesempatan untuk tayang di berbagai festival film internasional.

Salah satu lokasi syuting film Beyond Skyline berada di Candi Prambanan, Yogyakarta. Alasannya, karena Michael Mann (sutradara) tidak menemukan lokasi yang cocok di Laos (latar asli film), sehingga Candi Prambanan dipilih sebagai lokasi syuting film ini.

Alasan lainnya, karena Candi Prambanan memiliki arsitektur yang megah, dan memiliki reruntuhan alami yang cocok dengan salah satu adegan dalam film. Selain Yogyakarta, Beyond Skyline juga syuting di Infinite Studio Batam.

Sekadar informasi, Infinite Studio Batam merupakan salah satu fasilitas syuting yang mumpuni dan bertaraf internasional di Batam. Mulai dari indoor, outdoor, creature room, hingga sound stage tersedia di studio mega tersebut.

Film After The Dark bercerita tentang sebuah kelas filsafat berisi 20 siswa yang ditantang memainkan sebuah permainan. Film yang rilis 2014 ini menampilkan keindahan alam Bromo, Belitung, dan Candi Prambanan.

Salah satu lokasi syuting After the Dark di Bromo berada di kawasan Pasir Berbisik, yang juga menampilkan latar belakang pemandangan gunung yang sangat cantik. Sementara Belitung menawarkan birunya air laut dengan ciri khas batuan besar menawan yang sangat alami menjadi latar dalam film ini.

Indahnya alam, budaya, dan tradisi Bali yang sangat memesona bisa kita lihat di film Hollywood: Eat, Pray Love yang dibintangi oleh Julia Robert. Beberapa destinasi yang dijadikan lokasi syuting film Eat, Pray, Love di Bali cukup banyak, yakni Pasar Seni Ubud, Monkey Forest, Tegalalang, Pantai Padang Padang, hingga Rumah Ketut Liyer.

Film ini bercerita tentang Elizabeth Gilbert (yang diperankan oleh Julia Robert) berkelana ke beberapa negara untuk mencari ketenangan hidup. Salah satu negara yang dikunjungi adalah Indonesia. Di Bali, Elizabeth pun mendapat “cinta” yang ia cari selama ini.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru