Thursday, May 06, 2021
Home > Berita > Joe Biden: “Ini adalah masa-masa kelam”, dia akan keluarkan serangkaian perintah eksekutif di hari pertama

Joe Biden: “Ini adalah masa-masa kelam”, dia akan keluarkan serangkaian perintah eksekutif di hari pertama

Presiden terpilih AS Joe Biden, istrinya Jill Biden, Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dan suaminya Doug Emhoff menghadiri acara peringatan bagi para korban pandemi Covid-19, di Lincoln Memorial di Washington, AS, 19 Januari 2021. (Foto: Reuters/Fance 24)

Mimbar-Rakyat.com (Washington) – Presiden terpilih Joe Biden secara sadar masuk ke ibu kota negara pada hari Selasa (Rabu WIB), siap untuk mengambil alih kekuasaan ketika Amerika Serikatw (AS) terhuyung-huyung menghadapi pandemi virus corona, melonjaknya pengangguran dan kekhawatiran besar tentang lebih banyak kekerasan saat dia bersiap untuk mengambil sumpah jabatan.

Biden, penggemar berat Amtrak, telah berencana untuk naik kereta ke Washington menjelang Hari Pelantikan Rabu (Kamis WIB), tetapi membatalkan rencana naik kereta tersebut setelah terjadinya “pemberontakan” 6 Januari di Capitol AS. Demikian dikutip mimbar-rakyat.com dari France 24/AP.

Biden terbang ke pangkalan udara militer tepat di luar ibu kota pada Selasa (Rabu WIB) dan kemudian menuju ke benteng DC – sebuah kota yang dibanjiri oleh sekitar 25.000 pasukan Garda Nasional yang menjaga Capitol, Gedung Putih, dan Mal Nasional yang terbungkus labirin barikade dan pagar tinggi.

Tak lama sebelum Biden berangkat ke Washington, AS mencapai tonggak suram lain dalam pandemi, melampaui 400.000 kematian akibat virus. Itu menurut Universitas Johns Hopkins.

“Ini adalah masa-masa kelam,” kata Biden kepada lusinan pendukungnya dengan emosional di Delaware sebelum berangkat ke Washington. Tapi selalu ada cahaya.

Biden, yang mencalonkan diri sebagai presiden dikenal berkepala dingin yang bisa menyelesaikan berbagai hal, berencana untuk mengeluarkan serangkaian perintah eksekutif pada Hari Pertama – termasuk membalikkan upaya Presiden Donald Trump meninggalkan kesepakatan iklim Paris, membatalkan larangan perjalanannya pada pengunjung dari beberapa negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim, dan memperluas batasan era pandemi pada penggusuran dan pembayaran pinjaman siswa.

Tanpa Trump

Trump tidak akan menghadiri pelantikan Biden, presiden pertama yang melewatkan upacara tersebut sejak Andrew Johnson lebih dari satu setengah abad lalu. Gedung Putih merilis video perpisahan dari Trump tepat ketika Biden mendarat di Pangkalan Bersama Andrews.

Trump, yang telah berulang kali dan secara keliru mengklaim penipuan yang meluas menyebabkan kekalahannya dalam pemilihan, menyampaikan “harapan terbaik” kepada pemerintahan yang akan datang dalam pidatonya yang hampir 20 menit tetapi tidak menyebutkan nama Biden.

Trump berencana untuk meninggalkkan Washington pada Rabu pagi. Pendukung Trump merencanakan pesta penyambutan di Mar-a-Lago.

Biden pada perpisahannya di Delaware, yang diadakan di National Guard/Reserve Center dinamai berdasarkan nama mendiang putranya, Beau Biden, memberikan penghormatan kepada negara bagian asalnya. Setelah sambutannya, dia mengobrol dengan teman-teman dan simpatisan di kerumunan.

“Saya akan selalu menjadi putra kebanggaan negara bagian Delaware,” kata Biden, yang berusaha menahan air mata saat menyampaikan sambutan singkat.

Setelah tiba di Washington, Biden langsung pergi ke upacara malam di Reflecting Pool dekat Lincoln Memorial untuk menghormati korban orang Amerika yang tewas karena Covid-19. Dia bergabung dengan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris yang berbicara tentang penderitaan kolektif suatu bangsa.

“Selama berbulan-bulan kami berduka sendiri,” kata Harris. “Malam ini, kami berduka dan mulai menyembuhkan bersama.”

Biden mengikuti dengan sambutan singkatnya sendiri, mengatakan kepada orang Amerika bahwa “untuk menyembuhkan kita harus ingat.” Saat dia berbicara dengan 400 lampu yang mewakili para korban pandemi yang menyala di belakangnya, dia menghadap patung Abraham Lincoln, presiden Perang Saudara yang melayani lebih dari 600.000 orang Amerika tewas.

Saat dia berbalik untuk berjalan pergi setelah acara selesai, dia menghadap dinding granit hitam yang mencantumkan 58.000 lebih orang Amerika yang tewas di Vietnam.

Bergerak Cepat

Penyelenggara pelantikan minggu ini selesai memasang sekitar 200.000 bendera AS, negara bagian dan teritorial di National Mall, sebuah pajangan untuk mewakili orang-orang Amerika yang tidak dapat datang ke pelantikan, yang dibatasi di bawah keamanan ketat dan pembatasan Covid.

Keluar dari gerbang awal, Biden dan timnya berniat bergerak cepat untuk mempercepat distribusi memberikan vaksinasi kepada orang Amerika yang cemas dan memberikan paket bantuan virus senilai $ 1,9 triliun, yang mencakup pembayaran cepat kepada banyak orang dan peningkatan upah minimum menjadi $ 15 per jam.

Biden juga berencana untuk mengungkap tagihan imigrasi besar-besaran pada hari pertama pemerintahannya, berharap dapat memberikan jalan delapan tahun untuk kewarganegaraan bagi sekitar 11 juta orang yang tinggal di AS tanpa status hukum. Itu akan menjadi pembalikan besar dari kebijakan imigrasi ketat pemerintahan Trump.

Beberapa tokoh Republik telah menolak keras rencana imigrasi Biden. “Ada banyak masalah yang menurut saya kita dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Biden, tetapi amnesti menyeluruh bagi orang-orang yang berada di sini secara tidak sah tidak akan menjadi salah satunya,” kata Senator Marco Rubio, R-Fla., Yang sering menjadi pemain sentral dalam pertempuran imigrasi Senat.

Tetapi ambisi legislatif Biden dapat dipengaruhi oleh kenyataan pahit yang dihadapinya di Capitol Hill, di mana Demokrat memegang mayoritas tipis di Senat dan DPR. Harapannya untuk terus maju dengan longsoran undang-undang dalam 100 hari pertamanya juga bisa diperlambat oleh pengadilan pemakzulan Trump.

Saat Biden dalam perjalanan ke Washington, lima dari kabinetnya muncul pada hari Selasa di depan komite Senat untuk memulai dengar pendapat konfirmasi. Calon Departemen Keuangan Janet Yellen, calon Pertahanan Lloyd Austin, calon Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas, calon Sekretaris Negara Antony Blinken dan Direktur calon Direktur Intelijen Nasional Avril Haines sedang diwawancara.

Yellen pada sidang konfirmasinya mendesak anggota parlemen untuk menerima paket bantuan virus Biden, dengan alasan bahwa “hal paling cerdas yang dapat kita lakukan adalah bertindak besar.”

Para ajudan mengatakan Biden akan menggunakan alamat pengukuhan hari Rabu – yang akan dikirimkan di depan kelompok tatap muka yang sangat kecil karena protokol virus dan masalah keamanan dan diperkirakan akan berjalan 20 hingga 30 menit – untuk menyerukan persatuan Amerika dan menawarkan optimis. pesan bahwa orang Amerika dapat melewati momen kelam dengan bekerja sama. Untuk itu, ia mengundang empat pemimpin Partai Republik dan Demokratik teratas untuk menghadiri Misa bersamanya di Katedral St. Matius menjelang upacara pelantikan.

“Kami senang Presiden terpilih Biden siap untuk mulai menangani kebutuhan mendesak rakyat Amerika dan mengajukan proposal bantuan Covid yang mulai menangani banyak masalah yang kami hadapi,” kelompok progresif Justice Democrats, Sunrise Movement dan New Deal Strategies metulis dalam memo pada hari Senin.

“Kami berharap sepuluh Senat Republik akan mendukungnya, tetapi tidak menahan napas. Pertanyaan besarnya adalah, apa yang terjadi ketika Partai Republik memblokir Biden? ”

Demokrat memenangkan kursi kepresidenan & Senat/DPR berkat perolehan suara bersejarah. Sekarang, mereka perlu menggunakan mayoritas itu untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang mendukung kemenangan mereka.

Menjelang kedatangan Biden, 12 anggota Pengawal Nasional Angkatan Darat AS telah dicopot dari misi keamanan pelantikan presiden setelah mereka diketahui memiliki hubungan dengan kelompok milisi sayap kanan atau memposting pandangan ekstremis secara online. Itu menurut dua pejabat AS. “Tidak ada ancaman bagi Biden,” katanya.

Seorang pejabat intelijen senior dan seorang pejabat Angkatan Darat yang diberi pengarahan tentang masalah ini, tidak mengatakan di kelompok mana anggota Garda itu berasal atau di unit mana mereka bertugas.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru