Thursday, June 17, 2021
Home > Berita > Covid-19: India alami lonjakan kematian harian tertinggi, total kasus 29,2 juta

Covid-19: India alami lonjakan kematian harian tertinggi, total kasus 29,2 juta

Beberapa tumpukan kayu bakar guna membakar mayat korban Covid-19 di krematorium Ghazipur di New Delhi. (Foto: [File: AP/Al Jazeera)

Mimbar-Rakyat.com – India telah melaporkan angka kematian satu hari tertinggi akibat Covid-19 – 6.148 kematian – setelah negara bagian timur, Bihar, merevisi angkanya untuk memperhitungkan orang-orang yang meninggal karena penyakit ini di rumah atau di rumah sakit swasta.

Departemen kesehatan Bihar, salah satu negara bagian termiskin di India, merevisi total angka kematian terkait Covid pada Rabu menjadi lebih dari 9.400 dari sekitar 5.400. Demikian dilaporkan Al Jazeera yang dikutip mimbar-rakyat.com.

Total beban kasus Covid India sekarang mencapai hampir 29,2 juta setelah naik 94.052 dalam 24 jam terakhir, sementara total kematian mencapai 359.676. Demikian menurut data dari kementerian kesehatan.

Menurut kementerian, Negara ini telah mencatat kurang dari 100.000 kasus Covid baru setiap hari selama tiga hari berturut-turut. Kasus aktif mencapai hampir 1,17 juta.

Bihar merevisi jumlah korbannya setelah Pengadilan Tinggi regional meminta audit korban selama gelombang kedua virus corona pada bulan April dan Mei.

Perintah pengadilan mengikuti tuduhan bahwa pemerintah negara bagian menyembunyikan skala infeksi dan kematian.

Audit kematian mengungkapkan bahwa sementara 1.600 orang meninggal karena Covid di Bihar antara Maret 2020 dan Maret 2021, jumlah kematian dari April hingga 7 Juni tahun ini mengejutkan 7.775, sekitar enam kali lebih banyak. Begitu NDTV India melaporkan.

Ibu kota negara bagian Patna menanggung beban terberat dari wabah itu, dengan total 2.303 kematian, kata laporan media.

Sebanyak 242,7 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan secara nasional, termasuk 3,4 juta selama 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan.

India memiliki jumlah kasus virus corona tertinggi kedua di dunia setelah AS. Dalam hal kematian akibat Covid India di urutan ketiga di belakang AS dan Brasil.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru