Tuesday, January 19, 2021
Home > Berita > Biden di ambang kepresidenan AS, Trump lancarkan serangan

Biden di ambang kepresidenan AS, Trump lancarkan serangan

Joe Biden dan Donad Trump. (Foto Reuters/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com – Presiden AS Donald Trump melancarkan serangan luar biasa terhadap proses demokrasi negara itu dari Gedung Putih, mengklaim bahwa pemilihan itu “dicuri ” dari dia.

Tanpa bukti, Trump mengecam pekerja pemilu/pemilihan presiden (Pilpres) dan dugaan penipuan di sejumlah negara bagian di mana hasil dari semakin berkurangnya suara tak terhitung hingga mendorong calon Demokrat Joe Biden lebih dekat ke kemenangan.

“Ini adalah kasus di mana mereka mencoba mencuri pemilihan,” kata Trump, yang berbicara selama sekitar 15 menit di ruang rapat Gedung Putih sebelum pergi tanpa menjawab pertanyaan pada hari Kamis (Jumat WIB). Demikian dikutip dari Arab News.

Sementara Biden, mantan wakil presiden, mengambil alih kepemimpinan petahana Partai Republik di Pennsylvania dan Georgia bahkan dia mempertahankan keunggulan tipis di Nevada dan Arizona, bergerak mendekati untuk mengamankan 270 suara di Electoral College negara bagian yang menentukan pemenang.

Sejauh ini, Biden memiliki 264 suara elektoral – hanya berjarak enam anga untuk menuju Gedung Putih – dan Trump memiliki 214.

Kampanye Trump kehilangan putusan pengadilan di negara bagian Georgia dan Michigan yang diperebutkan dengan ketat pada hari Kamis, bahkan ketika berjanji untuk mengajukan gugatan baru yang menantang apa yang disebut penyimpangan pemungutan suara di Nevada.

Dalam kasus Georgia, kampanye menuduh bahwa 53 surat suara yang datang terlambat dicampur dengan surat suara tepat waktu. Di Michigan, mereka berusaha untuk menghentikan penghitungan suara dan mendapatkan akses yang lebih besar ke proses tabulasi. Hakim negara bagian membatalkan kedua tuntutan hukum tersebut pada hari Kamis.

James Bass, seorang hakim Pengadilan Tinggi di Georgia, mengatakan “tidak ada bukti” bahwa surat suara yang dipermasalahkan tidak sah.

Dalam kasus Michigan, Hakim Cynthia Stephens berkata: “Saya tidak memiliki dasar untuk menemukan bahwa ada kemungkinan besar untuk berhasil berdasarkan manfaatnya.”***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru