Tuesday, August 09, 2022
Home > Berita > Banjir di Kabupaten Banyuasin Berangsur Surut

Banjir di Kabupaten Banyuasin Berangsur Surut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin mengerahkan dua unit perahu fiber. Perahu tersebur dikerahkan BPBD untuk mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman. (Foto : BPBD Kabupaten Banyuasin)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Banjir yang menerjang empat kelurahan di Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, berangsur sejak Jumat (5/8) sore. Banjir dilaporkan terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut.

Adapun empat kelurahan tersebut adalah Kelurahan Seterio, Kelurahan Mulia Agung, Kelurahan Kedodong Raye, dan Kelurahan Pangkalan Balai. Demikian menurut website bnpb.go.id.

Badan Penanggulangan Benvana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin mencatat 340 jiwa terdampak banjir yang merendam dengan ketinggian berkisar antara 30 hingga 150 sentimeter.

Sebagai langkah penanganan darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin mengerahkan dua unit perahu fiber. Perahu tersebut dikerahkan BPBD untuk mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman.

Menurut laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, hingga Jumat (5/8) sore tidak ada warga yang mengungsi.

Prakiraan cuaca BMKG menyebutkan, Kabupaten Banyuasin berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang pada satu minggu ke depan. Menyikapi hal tersebut, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga.

Warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai dan daerah sekitar lereng tebing agar mewaspadai dan berinisiatif untuk evakuasi mandiri jika terjadi hujan lebat yang membatasi jarak pandang kurang dari 50 m, dengan durasi lebih dari satu jam.***(edy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru