Wednesday, May 22, 2024
Home > Berita > Sebanyak 363 rumah warga teredam banjir di Boalemo, makanan siap saji disediakan

Sebanyak 363 rumah warga teredam banjir di Boalemo, makanan siap saji disediakan

Kondisi banjir yang melanda rumah warga di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta, Boalemo, Jumat (18/2). (Foto : BPBD Kabupaten Boalemo)

Mimbar-Rakyat.com (Boalemo) –  Sebanyak 363 unit rumah terendam banjir di wilayah Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Jumat (18/2) mulai pukul 15.30 WITA. Demikian dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boalemo. Sebagai rspon cepat, tim gabungan melakukan penyedotan genangan air di lokasi terdampak.

Banjir ini melanda Desa Mohungo di Kecamatan Tilamuta. Hasil pendataan sementara terdapat 463 KK atau 1.490 jiwa terdampak. Kejadian muncul setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai hingga ke pemukiman warga. Demikian dikutip dari website BNPB, bnpb.go.id.

Hasil pengamatan di lokasi menyebutkan, tinggi muka air pada saat terjadi banjir berkisar antara 30-50 sentimeter. BPBD setempat segera menerjunkan personil untuk melakukan pendataan dan penanganan darurat.

Tim yang terdiri dari BPBD, TNI-Polri, Unsur Pemerintahan Kecamatan / Desa dan unsur relawan tengah melakukan koordinasi terkait penanganan warga. Makanan siap saji juga dipersiapkan guna memenuhi kebutuhan dasar para warga yang terdampak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan potensi musim hujan masih berpeluang terjadi hingga Maret 2022.  Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga dengan memantau prakiraan cuaca hingga tingkat kecamatan melalui BMKG atau potensi bahaya maupun risiko di aplikasi inaRISK.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru