Wednesday, October 21, 2020
Home > Global > Bandung Ibukota Asia Afrika

Bandung Ibukota Asia Afrika

ridwan kamil bandung

Ridwal Kamil via kompas.com

MIMBAR-RAKYAT.com (Bandung) – Semua orang tahu. Jakarta adalah Ibukota Indonesia, Tokyo ibukota Jepang  dan seterusnya. Tapi dimana ibukota Asia Afrika ? Kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bandung ibukota Asia Afrika.

Dengan beraninya Ridwan mendeklarasikan pernyataan itu saat membaca Dasasila Bandung di depan para delegasi Konfrensi Asia Afrika . ” Saya Ridwan Kamil, Walikota Bandung. Saya mengucapkan Selamat Datang di Bandung  Ibukota Asia Afrika…..” kata walikota berwajah ganteng ini, di Gedung Merdeka, Jl Asia Afrika, Bandung, Jabar, Jumat (24/4/2015).

Tidak hanya itu. ketika membaca  Dasasila Bandung di depan para delegasi Konferensi Asia Afrika, Ridwan Kamil  membuat para delegasi membusungkan dada  dengan menyebut Asia sebagai macan dunia, dan Afrika sebagai singa dunia. “Selamat datang untuk Asia, macan dunia dan Afrika,singa dunia,” ucapnya.Lebih unik lagi Ridwan mengakhiri dengan salam Sunda : Hatur Nuhun!

Bukannya tidak deg-degan membaca pernyataan didepan delegasi yang sangat historis. Semalam tidk bisa tidur, meski sudah mengenakan jas baru. Benar-benar baru karena baru dipesan 2 hari sebelumnya. Sebab tugas yang diberikan Presiden Jokowi juga mendadak.  Presiden Joko Widodo memintanya ntuk membacakan Dasasila Bandung. Mahalkah ? ” Belum tahu karena belum ditagih oleh penjahitnya,” kata Ridwan.

10 poin pernyataan solidaritas diantara  negara-negara di Asia Afrika yang diputuskan dalam KAA 1955 dibaca dalam dalam bahasa Inggris yang fasih.  Wali Kota yang energik ini tak lupa mempromosikan kotanya ditengah kesempatan itu dengan mengajak para pemimpin Asia Afrika untuk menikmati Bandung. “Selamat datang di Bandung. Ibu kota Asia Afrika ” ujar Ridwan dalam setelannya yang terlihat rapi. (ais)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru