Saturday, September 26, 2020
Home > Berita > Seluruh 7-Eleven di Indonesia tutup

Seluruh 7-Eleven di Indonesia tutup

Seluruh Seven Eleven di Indonesia tutup. (wartakota)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Entah berapa ratus atau ribu tenaga kerja kehilangan mata pencarian mereka, ketika seluruh gerai 7-Eleven di Indonesia mulai 30 Juni 2017 tidak lagi beroperasi, seperti diungkapkan PT Modern Sevel Indonesia (MSI) selaku pemegang bisnis merek waralaba 7-Eleven.

Direktur PT Modern International Tbk (Persero) (PT MSI merupakan satu entitas anak PT Modern International), Chandra Wijaya, mengungkapkan, penutupan ini karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menunjang kegiatan opersaional gerai 7-Eleven.

“Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menunjang kegiatan operasional gerai 7-Eleven setelah Rencana Transaksi Material Perseroan atas penjualan dan transfer segmen bisnis restoran dan convenience store di Indonesia,” demikian pernyataan Chandra.

Selain itu, sambungnya, PT MSI juga gagal melakukan kesepakatan dengan PT Chaeroen Pokphand Restu Indonesia dalam hal pengambilalihan kegiatan usaha.

“Hal-hal material yang berkaitan dengan yang timbul sebagai akibat dari pemberhentian operasional ini akan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku dan akan diselesaikan secepatnya,” demikian tulis Chandra.

Seperti dilansir kompas.com, bahkan sebelum 30 Juni 2017, gerai ritel yang populer dengan minuman Slurpee ini sebagian besar sudah tidak melayani pembeli.

Hampir seluruh gerai 7-Eleven di Jakarta tutup. Kaca gerai ditutupi kertas berwarna putih dan sebagian lainnya menggunakan plastik kresek berwarna hitam dan ada pula secarik kertas pada pintu masuk bertuliskan toko telah tutup.

Beberapa gerai 7-Eleven yang telah ditutup, yakni 7-ElevenJalan Cilandak KKO, 7-Eleven Tanjung Barat, 7-Eleven Pusat Grosir Cililitan (PDC), 7-Eleven Gedung Smesco, 7-Eleven Jalan Prof. Dr. Satrio,7-Eleven Karet, 7-Eleven Rawamangun, 7-Eleven Matraman, 7-ElevenTugu Tani, 7-Eleven Jalan Taman Margasatwa, dan 7-Eleven Gedung Smesco.

Meski tutup, terdapat pegawai yang sedang membersihkan gerai, seperti di gerai Tugu Tani dan Gedung Semesco. Namun ketika ditanya, pegawai 7-Eleven enggan menjawab terkait penutupan awal gerai.

“Saya nggak tau tentang penutupan ini, tanya saja ke manajemen langsung,” kata salah satu pegawai gerai yang berada di bilangan Tugu Tani Jakarta Pusat.

Sebelumnya, PT Modern International Tbk mengumumkan menutup seluruh gerai 7-Eleven pada akhir bulan ini. Gerai 7-Eleven dikelola Modern International melalui anak usahanya, yakni PT Modern Sevel Indonesia.

Dalam pengumuman resmi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/6/2017), emiten berkode MDRN itu menyebutkan bahwa penutupan tersebut berkaitan dengan gagalnya kesepakatan penjualan franchise kepada PT Charoen Phokphand Restu Indonesia.

“Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh perseroan untuk menunjang kegiatan operasional gerai 7-Elevensetelah rencana transaksi material atas penjualan dan transfer segmen bisnis restoran dan convenience store oleh Charoen Phokphand Restu Indonesia mengalami pembatalan,” tulis manajemen Modern Internasional.  (An/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru