Thursday, October 29, 2020
Home > Berita > Sean Gelael Mulai Memahami Gaya Balap GP2

Sean Gelael Mulai Memahami Gaya Balap GP2

Sean Gelael test GP2 bersama tim Campos di Abu Dhabi.

ABU DHABI, Uni Emirat Arab, 4 Desember 2015 – Sean Gelael secara perlahan-lahan mulai memahami gaya membalap mobil GP2 dan semakin menyatu dengan kinerja mobil itu. 

Direktur Teknik Campos Racing Philippe Gautheron, mengemukakan, Sean perlahan-lahan mulai memahami gaya membalap menggunakan jenis mobil GP2 yang daya dan bertanya lebih besar ketimbang Formula Renault 3.5.

“Secara garis besar, Sean menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dengan sedikit perbaikan teknik membalap, ia bisa meraih hasil yang lebih baik lagi di hari terakhir latihan,” ujar Gautheron usai menangani test Sean Gelael.

Sean Gelael dari Jakarta unjuk kemampuan pada hari kedua latihan resmi GP2 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (3/12). Ia tampil menjanjikan dan kompetitif bersama tim Campos Racing, tim yang selama ini memayungi pebalap Indonesia, Rio Haryanto, yang musim depan sudah hampir membalap di ajang F1.

Pada sesi latihan pagi yang menempuh 31 putaran, Sean menorehkan waktu satu menit 50,375 detik. Catatan itu lebih tajam dua detik dari latihan pagi sehari sebelumnya. Selisih waktu dengan sejumlah pebalap yang lebih berpengalaman pun rata-rata hanya 0,5 detik. Pencapaian itu jauh lebih baik ketimbang saat masih memperkuat tim Carlin musim lalu, di mana Sean masih tertinggal sekitar dua detik.

Penampilan putra mantan pereli nasional Ricardo Gelael itu bahkan lebih baik lagi pada sesi latihan malam hari. Sean membukukan waktu satu menit 49,549 detik dari 31 putaran yang ditempuh. “Idealnya, saya bisa mencatat waktu 0,3 detik lagi lebih cepat. Ada beberapa hal yang mesti saya benahi, terutama pada sejumlah tikungan di sektor dua,” ungkap pebalap berusia 19 tahun itu.

Hari kedua latihan masih difokuskan untuk penyesuaian diri dengan mobil, terutama pada suspensi dan sudut kemiringan roda (wheel camber). Tim asal Spanyol itu merancang setelan pada kedua bagian itu agar sesuai dengan gaya mengemudi Sean. Ia juga masih mempelajari karakter ban Pirelli yang menuntut pebalap mengedepankan feeling saat di tikungan.

Mitch Evans, rekan setim Sean asal Selandia Baru, belum tampil optimal pada penampilan perdananya bersama tim Campos Racing. Pada sesi latihan pagi, peringkat kelima GP2 musim lalu itu hanya menorehkan waktu terbaik 1 menit 49,910 detik karena mobilnya mengalami masalah pada timing belt.

Evans mampu mempertajam waktu di sesi latihan malam dengan catatan 1 menit 48,696 detik. Namun, raihan itu masih tertinggal 0,8 detik dari Nicholas Latifi yang membukukan waktu tercepat. Pebalap yang baru bergabung dengan tim pada Kamis pagi itu pun bertekad tampil lebih baik pada latihan terakhir hari ini.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru