Saturday, October 24, 2020
Home > Berita > Sean Gelael Siap Tampil di Bahrain dan Abu Dhabi

Sean Gelael Siap Tampil di Bahrain dan Abu Dhabi

Sean Gelael.

MIMBAR-RAKYAT.com  (London) – Setelah istirahat selama sekitar satu bulan dari balapan, Sean Gelael akan segera mengakhiri program pembelajarannya di GP2 di Timur Tengah yang menjadi rangkaian seri penutup musim ini dalam dua minggu berturut-turut. 

Balapan pertama akan dilaksanakan di Bahrain International Circuit pada 19-21 November, sebelum seri terakhir GP2 yang akan dilaksanakan minggu berikutnya di lintasan Yas Marina, sebagai balapan pendukung Abu Dhabi Grand Prix.

Di Bahrain, Sean akan menghadapi salah satu tantangan terberat dalam karir balapnya sampai saat ini. Sebelumnya, para pebalap GP2 lainnya telah bertarung di sirkuit ini pada April sebagai pendukung Bahrain Grand Prix, jadi semua pebalap sudah cukup mengenal sirkuit ini.

Sean sendiri baru bergabung di GP2 bersama dengan Jagonya Ayam dan Carlin pada Juli, dan ini adalah pertama kalinya Sean berada di sirkuit yang rumit itu.

Sirkuit Internasional Bahrain merupakan sirkuit  Timur Tengah pertama yang masuk kalender Formula 1 yang selesai dibangun pada 2004. Walaupun bentuk lintasan di sirkuit ini tidak dikenal sebagai salah satu yang sulit untuk ditaklukan, tetapi kemampuan untuk mengatasi tikungan sempit dan akselerasi kendaraan, akan diperburuk oleh cuaca yang selalu panas.

Ini dapat menimbulkan  tekanan besar pada para pebalap untuk memahami karakteristik ban Pirelli yang digunakan di ajang lomba GP2.

Oleh karena itu, balapan kali ini bisa sangat dramatis karena para pebalap berada pada tingkat grip yang berbeda saat balapan, selain itu lintasan lurus yang panjang serta tikungan sempit mendorong para pebalap untuk saling susul menyusul yang sering menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Walaupun demikian, Sean termotivasi oleh hasil balapan terakhirnya  pada Kejuaraan Formula Renault 3.5 di Jerez, dimana ia berhasil mendapatkan poin, tetapi  sekaligus juga tidak beruntung untuk mendapatkan hasil yang lebih baik karena masuknya “safety car” pada saat yang tidak menguntungkan, yang sangat berpengaruh pada strateginya.

“Formula Renault 3.5 sudah berakhir, jadi mulai sekarang fokus saya hanya pada seri GP2, selain tentu saja menikmati waktu yang menyenangkan saat merayakan ulang tahun saya yang ke-19,” kata Sean.

“Kami sudah mempersiapkan diri dengan sangat serius untuk dua balapan terakhir ini. Saya tahu bahwa Bahrain akan menjadi sulit karena para pebalap lain memiliki keuntungan telah balapan di sana pada awal musim . Tetapi yang paling penting buat saya adalah untuk belajar,  supaya saya siap di tahun depan. Tetapi siapa tahu, di sirkuit seperti ini ada saja kemungkinan untuk mendapatkan hasil baik, selama saya bisa menghindar dari kecelakaan,” tutur pebalap jangkung itu.

Seri di Bahrain ini adalah satu-satunya seri GP2 yang tidak menjadi balapan pendukung Formula 1, tetapi menjadi bagian dari Kejuaraan FIA World Endurance Championship.

Oleh karena itu, format balapan akhir pekan ini sedikit berbeda dengan biasanya, dimana sesi latihan bebas dan kualifikasi akan dilakukan pada Kamis, sedangkan race pertama dilakukan Jumat, dan race kedua Sabtu.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru