Friday, June 14, 2024
Home > Berita > Sean Gelael pacu Hyundai i20 di Danau Toba Rally, Ricardo tetap naik Citroen

Sean Gelael pacu Hyundai i20 di Danau Toba Rally, Ricardo tetap naik Citroen

Mobil baru Sean Gelael, Hyundai I-20, yang akan meramaikan kejuaraan nasional dan Piala Asia APRC di kawasan Danau Toba, 22-24 September 2023. *jagonya ayam)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Setelah heboh ketika mendatangkan Citroen C3 R5 (kini Rally2) pada 2019, Jagonya Ayam Motorsport menambah satu mobil andalan, Hyundai i20 N Rally2, sebagai senjata baru Sean Gelael yang menambah hangat tontonan pada akhir minggu mendatang.

Sean berlaga di Danau Toba Rally 2023 – Asia Rally Cup pada 23-24 September masih didampingi co-driver asal Portugal, Hugo Magalhaes Ismael. Ayahanda Sean, Ricardo Gelael, muncul dengan co-driver baru asal Brasil, Gabriel Morales, dan mereka bakal menggeber Citroen C3 Rally2.

Begitu datang di area Danau Toba pada Minggu (17/9) siang, Sean langsung melakukan survei di lokasi baru sebagai SS (special stage), Tobasari Gorbus bersama Hugo. Dia begitu terkesan dengan keindahan Tobasari.

“View-nya keren banget ya di perkebunan teh di sana. Lintasannya memang sebagian masih banyak berlumpur, wajar sih karena yang saya dengar hujan kerap turun di malam hari. Tapi bagi pebalap reli lintasan seperti itu asyik dan menantang,” kata Sean yang melakukan survei dua kali di sana sambil mengendarai Toyota Yaris GR.

Sean Gelael bersama Hugo dan Gabriel berbincang di kawasan Simalungun ketika survei jelang kejuaraan APRC Piala Asia, Minggu. (jagonya ayam)

Bagi Hugo, ini nanti akan menjadi partisipasinya yang kelima di Danau Toba Rally (DTR). Pada empat DTR sebelumnya dia tiga kali bersama Sean dan sekali bareng Ricardo. “Jujur saya katakan satu-satunya SS di mana saya tidak membuat pace note baru adalah Huta Tonga, karena jarak dan kondisinya sama dengan tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Ricardo berharap saat reli nanti lintasan berada dalam kondisi normal. “Walau begitu apapun kondisinya kami harus selalu siap. Saya sendiri selama di Danau Toba menghabiskan waktu untuk beradaptasi dengan Gabriel dan tentu saja juga dengan lintasan baru,” ujarnya.

Bagi Gabriel, ini adalah kali pertama dia ke Indonesia. “Saya senang berada di sini. Suhunya sejuk dan sejauh ini makanan tidak ada masalah. Untuk lintasannya, saya melihat kemiripan dengan di Argentina,” kata co-driver berusia 33 tahun itu.

Kejurnas Reli di Tanah Air memang semarak dengan mobil-mobil kelas WRC2 (Rally2). Citroen C3, Hyundai i20 N, Skoda Fabia, Ford Fiesta, dan Toyota Yaris. Menariknya, masing-masing brand tersebut paling tidak pernah memenangi satu putaran Kejurnas di kelas M1.

Ricardo Gelael dan Ijeck, berteman di luar lomba. bersaing ketika melaju di SS. (jagonya ayam)

Selain Sean bersama Citroen, Musa “Ijek” Rajekshah sukses bersama Skoda, lalu Ryan Nirwan untuk Toyota, H. Rahmat buat Hyundai, dan H. Rihans Variza bersama Ford.

Danau Toba Rally pada September ini adalah putaran ketiga Kejurnas Reli dan putaran kelima Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023. APRC sendiri terbagi dua, Asia Rally Cup dan Pacific Rally Cup, di mana final round akan kembali digelar di Danau Toba pada akhir November 2023.

Jadwal Danau Toba Rally

Sabtu, 23 September

SS1 – Negeri Dolok 1 (10,96 km)

SS2 – Huta Tonga 1 (16,67 km)

SS3 – Tobasari Gorbus (25,65 km)

SS4 – Negeri Dolok 2 (10,96 km)

SS5 – Huta Tonga 2 (16,67 km)

 

Minggu, 24 September

SS6 – Negeri Dolok Reverse (10,84 km)

SS7 – Huta Tonga Reverse (16,42 km)

SS8 – Tobasari Gorbus (25,65 km). (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru