Friday, December 01, 2023
Home > Kota > Safari Jurnalistik PWI Pusat di Kolaka

Safari Jurnalistik PWI Pusat di Kolaka

Hendry Ch Bangun

Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun (antara.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Kolaka) –  Kegiatan safari jurnalistik yang dirangkai dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagi para wartawan tentang makna uji kompetensi bagi wartawan.

“Tujuan utama sertifikasi kompetensi wartawan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan,” kata Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Jumat.

Selain itu,  kata Hendry, juga sebagai acuan sistem kinerja oleh perusahaan serta menghindarkan penyalahgunaan profesi sebagai waratawan.

Hendry mengatakan, kompetensi wartawan meliputi tiga kelompok, yakni wartawan muda, madya dan utama.

“Dalam uji kompetensi, peserta diminta melakukan unjuk kerja seluruh elemen kompetensi dengan jumlah sesuai tingkatan kelompok yang diikutinya,” kata Hendry.

Program PWI Pusat itu mewajibkan seluruh wartawan yang bekerja pada perusahaan pers di Tanah Air, mengikuti sertifikasi kompetensi melalui UKW.

Hendry menjelaskan, kegiatan safari jurnalistik 2015 merupakan  pertama kali dilakukan PWI di wilayah Sulawesi, tapi sebelumnya kegiatan itu sudah dilakukan di sejumlah provinsi di Jawa, Sumatera dan beberapa daerah lain.

Sejak dilakukan UKW selama 2-3 tahun terakhir, sudah ada 4.858 yang lulus kompentensi dari jumlah 6.000 wartawan yang diuji.

Hendry menambahkan, UKW yang diadakan bekerja sama dengan PWI Sultra, diikuti 21 wartawan. Mereka terdiri atas kelompok muda dan kelompok madya, dengan tim penguji dari pusat, Marah Sakti Siregar, Widodo Asmowiyoto, dan Encub Soebekti.

Bupati Kolaka Ahmad Syaefi yang diwakili Asisten II Kasim Madaria memberi apresiasi pada PWI pusat yang memilih Kabupaten Kolaka sebagai tempat safari jurnalistik yang dirangkai dengan kegiatan UKW 11-12 Juni itu.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kolaka, kami menyampaikan terima kasih dan sekaligus berharap agar seluruh peserta UKW bisa lulus dengan baik sesuai dengan standar penilaian dari tim penguji,” ujarnya.   (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru