Wednesday, May 29, 2024
Home > Berita > PT Pindad Masuk Top 50 Perusahaan Pertahanan Pada Tahun 2025: Presiden Jokowi Optimistis

PT Pindad Masuk Top 50 Perusahaan Pertahanan Pada Tahun 2025: Presiden Jokowi Optimistis

Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto meninjau PT Pindad di Bandung. (Agus Suparto-Fotografer Presiden Jokowi )

Mimbar-Rayat.com (Jakarta) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimistis PT Pindad (Persero) mampu masuk ke Top 50 perusahaan pertahanan global pada tahun 2025. Terlebih, kata dia, perkembangan PT Pindad dalam memproduksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) sangat cepat.

“Di tahun 2022 peringkat Pindad sebagai perusahaan pertahanan itu rangkingnya di 79, tahun 2022. Kita perkirakan tahun ini sudah masuk di tahun 2024, kita perkirakan akan masuk di angka 60, tetapi di 2025 kita sudah masuk di Top 50,” jelas Jokowi usai meninjau PT Pindad di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023).

Menurut dia, PT Pindad saat ini tak hanya memproduksi peluru dan amunisi saja. Namun, Jokowi menyampaikan PT Pindad juga mulai memproduksi kendaraan tempur.

“Sekarang kita melihat di sini yang berkaitan dengan kendaraan tempur dan saya melihat juga perkembangannya sangat cepat sekali,” ujarnya.

Jokowi memuji hasil produksi PT Pindad yang sangat bagus. Total pendapatan perusahaan pertahanan milik negara itu mencapai Rp27 triliun pada tahun 2023.

“Rp25 triliun (tahun 2022). (Pendapatan) 2023 Rp27 triliun,” ungkap Jokowi.

Dia menuturkan Kementerian Pertahanan yang paling banyak memesan alutsista buatan PT Pindad. Disisi lain, PT Pindad telah mengekspor amunisi ke negara lain.

“Kalau dari negara lain kita sudah ekspor kita ekspor munisi ke US dan itu setiap bulan kita mengirim 2 kontainer. Sekarang juga banyak sekali permintaan senjata pistol dan kendaraan tempur,” tutur Dirut PT Pindad Abraham Mose menimpali.

“Artinya ada sebuah prospek, ada sebuah peluang yang harus dimanfaatkan,” ucap Jokowi.

Tinjau PT Pindad, Jokowi Puji Kehebatan Prabowo Sopiri Mobil Maung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan PT Pindad yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023). Jokowi disopiri Prabowo saat menaiki kendaraan taktis (taktis) Maung.

Jokowi pun memuji kelihaian Prabowo saat menyopirinya. Sementara itu, Prabowo mengaku sempat tersendat-sendat saat mengendarai mobil Maung.

“Mulus, bagus, yang nyetir juga,” kata Jokowi usai meninjau PT Pindad Persero, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023).

“Tersendat-sendat dikit,” ucap Prabowo yang berada di sebelah Jokowi.

“Bagus,” timpal Jokowi kembali.

Jokowi pun mengapresiasi perkembangan PT Pindad dalam membuat alutsista seperti, peluru hingga kendaraan tempur. Dia menyampaikan peringkat PT Pindad sebagai perusahaan pertahanan, melonjak drastis.

“Di tahun 2022 peringkat Pindad sebagai perusahaan pertahanan itu rangkingnya di 79, tahun 2022. Kita perkirakan tahun ini sudah masuk di tahun 2024 kita perkirakan akan masuk di angka 60, tetapi di 2025 kita sudah masuk di Top 50,” jelas dia. (ds/sumber LIputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru