Sunday, June 16, 2024
Home > Berita > KTT ASEAN, Presiden Jokowi Ajak Bangladesh Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Bilateral

KTT ASEAN, Presiden Jokowi Ajak Bangladesh Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Bilateral

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh disela-sela KTT ASEAN di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin memperkuat kerja sama di bidang perdagangan. Terlebih, perdagangan Indonesia-Bangladesh tumbuh signifikan hingga 19,9 persen dalam lima tahun terakhir.

“Perdagangan kita tumbuh signifikan tumbuh sebesar 19,9 persen dalam 5 tahun terakhir. Hal ini perlu terus dioptimalkan,” kata Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh disela-sela KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Jokowi mengatakan, Bangladesh merupakan sahabat Indonesia. Menurut dia, persahabatan ini harus terus diperkuat dengan membentuk kerja sama konkret.

“Bangladesh adalah sahabat Indonesia. Persahabatan ini harus diperkuat dengan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi rakyat kita,” jelas dia.

Presiden Jokowi akan memimpin seluruh rangkaian pertemuan pada hari kedua rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Mengawali kegiatannya, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin di Ruang Kakatua, JCC.

Setelahnya, dia akan memimpin KTT ke-26 ASEAN-China yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier China Li Qiang.

Secara berurutan, Jokowi juga akan memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

Jokowi Akan Gelar Pertemuan dengan Wapres AS Kamala Harris

Pada siang hari, Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan yang digelar di Ruang Cenderawasih 3 tersebut juga akan dihadiri oleh pemimpin negara China, Republik Korea, dan Jepang.

Di sela-sela pertemuan, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

Selanjutnya, Jokowi dan para pemimpin negara akan mengikuti KTT ke-11 ASEAN-US yang juga diselenggarakan di Ruang Cenderawasih 3, JCC.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada akan digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau.

Malam harinya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama para pemimpin negara dan pendamping akan menghadiri jamuan santap malam dalam rangka KTT ke-43 ASEAN. (ds/sumber Liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru