Tuesday, September 29, 2020
Home > Berita > Presiden Jokowi Antar Ibunda ke Pemakaman: Terima Kasih atas Ucapan Belasungkawa dan Doa Masyarakat

Presiden Jokowi Antar Ibunda ke Pemakaman: Terima Kasih atas Ucapan Belasungkawa dan Doa Masyarakat

Presiden Jokowi dan keluarga saat mengantar sang ibunda ke pemakaman. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Surakarta) – Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, wafat pada pukul 16:45 WIB, Rabu, 25 Maret 2020 di RST Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama.

“Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini,” ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta. Menurut dia, berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Jokowi pun berterima kasih kepada masyarakat atas ucapan belasungkawa dan doa untuk sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi meminta agar masyarakat mendoakan ibunda dari rumah masing-masing.

Jenazah Sujiatmi telah dimakamkan, Kamis (26/3) siang di pemakaman keluarga Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jokowi sempat memberikan salam namaste ke pelayat saat mengantar jenazah sang ibu ke pemakaman. Presiden dan keluarga berjalan kaki menuju liang lahat atau peristirahatan terakhir sang bunda.

Sujiatmi lahir pada 15 Februari 1943 dan kemudian menikah dengan Widjiatno Notomiharjo yang memiliki empat orang anak. Jokowi adalah anak pertama dari pasangan suami-istri itu yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961.

Pelayat Pakai Masker

Jenazah Sujiatmi Notomiharjo dibawa ke lokasi pemakaman keluarga di Mundu, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jenazahnya dibawa dengan menggunakan mobil ambulans. Jenazah almarhumah dibawa ke lokasi pemakaman setelah dilakukan prosesi pelepasan jenazah di rumah duka.

Pantauan di lokasi, tampak sejumlah pelayat turut mengantar jenazah ke peristirahatan terakhirnya. Tampak area sekitar pemakaman disemprot carian disinfektan. Selain itu, pelayat juga harus memakai masker.

Di lokasi makam juga sediakan tenda khusus bagi pelayat. Lokasi makam Ibunda Jokowi berjarak 6 km dari rumah duka di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Sebelum prosesi pelepasan jenazah, ibunda Jokowi Sujiatmi Notomijarjo disalatkan di Masjid Baiturrachman yang berjarak sekitar 200 meter dari rumah duka.

Sujiatmi Notomiharjo wafat pada Rabu 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB di RST Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama. (L/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru